Mengenal Asuransi Tenaga Kerja Beserta Manfaatnya Bagi Karyawan

Firman-inside.id - Sebagai tenaga kerja ataupun karyawan perusahaan, tentunya siapa pun tak ingin mengalami kecelakaan kerja. Namun yang namanya musibah tidak ada yang tahu kapan datangnya.

Disinilah peran asuransi tenaga kerja sangat dibutuhkan, guna meminimalisir resiko kecelakaan kerja dalam bentuk apapun itu.

Lalu apa sebenarnya asuransi tenaga kerja itu?
Mengenal Asuransi Tenaga Kerja Beserta Manfaatnya Bagi Karyawan
Sumber gambar: https://pixabay.com/id/users/igorovsyannykov-6222956/

Pengertian Asuransi Tenaga Kerja

Asuransi tenaga kerja dapat diartikan sebagai sebuah perlindungan yang diberikan oleh perusahaan kepada tenaga kerja atau karyawan.

Artinya, setiap tenaga kerja ataupun karyawan sebuah perusahaan berhak mendapat jaminan sosial untuk melindungi dari berbagai resiko pekerjaan.

Asuransi tenaga kerja bukan sebatas ditujukan kepada pekerja formal saja. Lebih dari itu, asuransi ini juga diperuntukan bagai para pekerja non formal atau pekerja paruh waktu.

Seperti para pengemudi ojek online dan taxi online. Mereka juga berkesempatan mendapat asuransi tenaga kerja dengan premi yang sangat terjangkau.

Hingga saat ini asurasi tenaga kerja yang paling populer di Indonesia adalah BPJS ketenagakerjaan.

BPJS sendiri merupakan program pemerintah yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi resiko sosial ekonomi atau resiko pekerjaan.

Produk asuransi ini dikeloka langsung oleh pemerintah dimana penyelanggaranya menggunakan mekanisme asuransi sosial.

Mengingat begitu pentingnya peran asuransi tenaga kerja, maka wajib hukumnya bagi para tenaga kerja ataupun karyawan untuk mendaftarkan dirinya sebagai pemegang polis asuransi ini.


Manfaat Asuransi Tenaga Kerja Bagi Karyawan

Asuransi tenaga kerja cukup banyak memberikan manfaat dan proteksi terhadap resiko pekerjaan.

Salah satu manfaatnya yaitu memberikan jaminan perlindungan kepada para tenaga kerja atau karyawan terhadap semua resiko yang terjadi saat berada di area kerja. Termasuk jika terjadi kecelakaan di perjalanan berangkat atau pulang kerja.

Manfaat kedua yaitu pekerja bisa mendapat dana pensiun setelah keluar atau resign dari perusahaan.

Artinya, setiap pekerja yang terdaftar dalam asuransi tenaga kerja, bisa mengklaim dana asuransi mereka setelah selesai kontrak, resign ataupun pensiun dari sebuah perusahaan. Dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Manfaat berikutnya dari asuransi tenaga kerja adalah, memberikan santunan apabila terjadi kematian pada tenaga kerja atau karyawan.

Kematian disini dalam arti disebabkan oleh kecelakaan kerja. Santunan akan diberikan oleh pihak asuransi kepada keluarga yang ditinggalkan.

Singkatnya, manfaat asuransi secara garis besar terbagi menjadi tiga, yaitu jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, dan jaminan hari tua.

Cara Klaim Asuransi Tenaga Kerja Cidera Ringan, Serius, Hingga Meninggal

Apa bila terjadi kecelakaan kerja, langkah-langkah klaim yang dapat dilakukan adalah pertama peserta yang terkena kecelakaan kerja wajib melapor kepada dinas ketenagakerjaan setempat tidak lebih dari 2x24 jam sejak terjadinya kecelakaan.

Kedua, jika kecelakaan menyebabkan cacat hingga meninggal dunia maka laporan harus disertai dengan surat kerangan dokter.

Khusus untuk klaim kematian, ada beberapa persyaratan yang harus disiapkan. Diantaranya adalah kartu asuransi, foto copy KTP, surat keterangan kematian dari pejabat yang berwenang, foto copy KK, surat keterangan ahli waris dari pejabat yang berwenang, serta beberapa dokumen lainnya. Jika persyaratan sudah dilengkapi, maka ahli waris bisa mendapat klaim selama 3 hari kerja.

Itu tadi ulasan terkait pentingnya asuransi tenaga kerja bagi karyawan. Banyak sekali manfaat yang ditawarkan oleh asuransi tenaga kerja, baik itu untuk karyawan maupun untuk perusahaan sendiri.

Lalu tunggu apa lagi, segera daftarkan diri Anda, dan dapatkan semua manfaatnya. Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa dibagikan ke orang-orang terdekat Anda supaya mendapat manfaatnya juga.

0 komentar

Posting Komentar

Sebelum Komentar, BACA INI DULU...

- Link aktif akan otomatis dimatikan.
- Klik Notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan dari kami.
- Untuk pertanyaan bersifat pribadi atau diluar topik, silahkan kunjungi halaman Contact Us.

Terimakasih atas kunjungannya 🤗