Syarat dan Langkah-Langkah Pengajuan Klaim Asuransi Jiwa

Firman-inside.id - Jika Anda menjadi ahli waris atau penerima polis dari asuransi jiwa, maka hukumnya wajib bagi Anda untuk mengetahui syarat dan langkah-langkah pengajuan klaim dana asuransi jiwa.

Tujuannya jelas agar Anda dan keluarga yang ditinggalkan pemegang polis asuransi jiwa bisa mendapatkan manfaat yang diberikan produk asuransi ini.

Selain mengetahui pentingnya asuransi jiwa bagi kehidupan, mempelajari syarat dan langkah pengajuan klaim juga penting untuk memudahkan agar proses klaim yang Anda ajukan tidak ditolak oleh pihak asuransi jiwa terkait.

Nah berikut ini kami sajikan apa saja syarat dan bagaimana langkah-langkah untuk mengajukan klaim dana asuransi jiwa.

Syarat dan Langkah-Langkah Pengajuan Klaim Asuransi Jiwa
Image by: https://pixabay.com/users/stevepb-282134/

Syarat dan Ketentuan Pengajuan Klaim Asuransi Jiwa

  1. Klaim asuransi jiwa baru bisa dilakukan setelah pemegang polis sudah meninggal dunia. Maka dari itu, pihak ahli waris harus mengurus surat-surat yang dibutuhkan seperti surat kematian dari rumah sakit, kelurahan hingga akta kematian dari catatan sipil setempat.

  2. Jika pemegang polis atau tertanggung meninggal sebelum umur polis mencapai 2 tahun, biasanya pencairan manfaat asuransi jiwa akan mengalami penundaan 6 hingga 12 bulan. Hal ini dilakukan pihak asuransi untuk menyelidiki dan memastikan tidak ada kecurangan dalam proses klaim.

  3. Pencairan juga akan mengalami penundaan jika kematian pemegang polis atau tertanggung diakibatkan oleh kasus pembunuhan.

    Hal ini untuk mengantisipasi jika saja pelaku pembunuhan tak lain adalah ahli waris tertanggung. Maka dari itu pihak asuransi akan menunda pencairan manfaat hingga proses penyidikan selesai atau ahli waris bebas dari tuduhan terlibat atas kasus tersebut.

  4. Pihak asuransi juga berhak menolak pencairan manfaat jika tertanggung meninggal karena bunuh diri. Hal ini menjadi ketentuan yang wajib di setujui oleh para pemegang polis asuransi.

Nah setelah mengetahui syarat dan ketentuan dalam pengajuan klaim asuransi jiwa, selanjutnya Anda harus memahami langkah-langkah untuk mengajukan klaim agar bisa diterima oleh pihak asuransi. Simak ulasan berikut ini.

Langkah-langkah Pengajuan Klaim Asuransi Jiwa

1. Memberikan informasi kematian tertanggung kepada pihak asuransi.

Apa bila pemegang polis atau tertanggung sudah dinyatakan meninggal dunia. Maka tugas Anda secepatnya menginformasikan kematian tertanggung kepada pihak asuransi.

Hal ini bertujuan agar pengajuan klaim manfaat dapat segera diproses. Dan ingat, jangan sampai terlambat memberikan informasi kepada pihak asuransi. Karena akan menghambat proses pencairan manfaat.

2. Mengisi formulir dan melengkapi dokumen

Setelah memberi informasi kematian tertanggung kepada pihak asuransi. Maka Anda akan menerima formulir pengajuan klaim.

Usahakan untuk segera mengisi formulir tersebut secara benar dan tepat. Jangan lupa juga untuk melengkapi dokumen yang dibutuhkan dalam pengajuan klaim seperti foto copy KTP tertanggung, foto copy KK , kartu anggota asuransi tertanggung dan lain sebagainya.

3. Tunggu proses analisis klaim

Jika sudah menyerahkan formulir dan dokumen persyaratan, Anda tinggal menunggu proses analisis klaim yang akan diurus pihak asuransi.

Dalam proses ini pihak asuransi akan melakukan verifikasi terkait status polis asuransi jiwa tertanggung, informasi ahli waris dan analisis lainnya.

4. Menerima pembayaran klaim

Sesudah pihak asuransi melakukan analisis dan dinyatakan benar atau sah, maka pihak asuransi akan mulai melakukan perhitungan berapa besar dana yang akan diberikan kepada ahli waris tertanggung.

Jika sudah dihitung secara rinci, maka Anda tinggal menunggu pembayaran klaim. Jangan lupa untuk mencamtumkan nomor rekening pada dokumen persyaratan untuk menghindari keterlambatan dalam pembayaran klaim.

Nah itu tadi syarat dan ketentuan serta langkah-langkah pengajuan klaim asuransi jiwa. Pahami dengan teliti syarat dan langkah-langkahnya agar memudahkan Anda dalam proses pengajuan klaim asuransi jiwa. Sekian dan semoga bermanfaat.

0 komentar

Posting Komentar

Sebelum Komentar, BACA INI DULU...

- Link aktif akan otomatis dimatikan.
- Klik Notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan dari kami.
- Untuk pertanyaan bersifat pribadi atau diluar topik, silahkan kunjungi halaman Contact Us.

Terimakasih atas kunjungannya 🤗