Manfaat Asuransi Pendidikan Bagi Masa Depan Anak

Firman-inside.id - Setiap otang tua tentunya menginginkan masa depan yang cerah bagi anak-anaknya. Sektor pendidikan menjadi aspek penting terkait kesejahteraan masa depan si buah hati.

Asuransi pendidikan bisa menjadi pilihan tepat bagi para orang tua untuk menjamin masa depan anak-anak. Hal ini tak terlepas dari besarnya manfaat yang ditawarkan oleh asuransi pendidikan itu sendiri.

Asuransi pendidikan memang memiliki peran penting guna menjamin pendidikan anak, mengingat biaya pendidikan saat ini kian tahun kian meningkat saja.

Bukan sebatas hanya biaya gedung atau spp (uang bulanan) saja, namun kebutuhan lain seperti buku, seragam, alat tulis dan biaya lainnya juga perlu diperhitungkan.

Itu mengapa peran asuransi pendidikan sangat dibutuhkan guna menunjang masa depan pendidikan anak.


Selain itu asuransi pendidikan juga penting untuk meminimalisir resiko terburuk yang bisa dialami seorang kapala keluarga.

Misalnya PHK, cacat akibat kecelakaan, bahkan hingga kematian tentu saja berpotensi besar merenggut kesejahteraan pendidikan anak.

Untuk itu asuransi pendidikan sangat disarankan guna mengantisipasi hal-hal buruk tersebut.

Manfaat Asuransi Pendidikan Bagi Masa Depan Anak
Image by: https://pixabay.com/users/mihail_fotodeti-6672347/

Jenis-jenis Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan sendiri terbagi menjadi 2 jenis. Yaitu asuransi pendidikan dwiguna/berjangka dan asuransi unit link.

  • Asuransi Pendidikan Dwiguna
  • Asuransi pendidikan Dwiguna memiliki sifat murni tanpa investasi. Sehingga jumlah dana pendidikan yang diterima tiap akhir asuransi adalah tetap sesuai kesepakatan awal.

  • Asuransi Pendidikan Unit Link
  • Asuransi unit link memiliki manfaat investasi yang bisa diterima nasabah. Artinya sebagian premi yang dibayarkan dapat dialokasikan sebagai investasi yang mampu mendatangkan keuntungan.

Namun hingga saat ini banyak masyarakat yang belum sadar akan besarnya manfaat yang diberikan sebuah asuransi pendidikan.

Sebagian hanya mengAndalkan subsidi pendidikan dari pemerintah yang sifatnya justru tidak menentu.

Nah, untuk lebih meyakinkan masyarakat akan pentingnya asuransi pendidikan. Berikut kami sajikan beberapa manfaat dari asuransi pendidikan.

1. Menjamin dana pendidikan anak

Salah satu manfaat yang ditawarkan oleh asuransi pendidikan tentunya terkait keamanan dan kepastian pendidikan anak.

Dalam konteks ini, orang tua tidak perlu khawatir jika mengalami resiko terburuk. Karena pendidikan anak sepenuhnya akan dihandle oleh pihak asuransi.

2. Bentuk perencanaan pendidikan anak

Manfaat lain dari asuransi pendidikan tentunya adalah sebagai bentuk perencanaan terkait pendidikan anak.

Dalam hal ini akan ditentukan sampai mana jenjang pendidikan akan berlanjut serta besarnya biaya yang dibutuhkan, semua tergantung permintaan dari nasabah asuransi.

3. Memperbaiki manajemen keuangan keluarga

Dengan mendaftar sebagai nasabah asuransi pendidikan, secara tidak langsung Anda bisa menghandle manajemen keuangan keluarga menjadi lebih baik.

Hal ini akan membiasakan Anda untuk rajin menabung. Selain itu, jelas Anda bisa memiliki dana darurat sekaligus investasi dalam bentuk asuransi pendidikan.

4. Memberikan rasa tenang terhadap kesejahteraan pendidikan anak

Asurasi pendidikan juga bisa memberikan rasa tenang terhadap kesejahteraan pendidikan anak.

Itu artinya Anda akan lebih merasa aman kerena pendidikan anak sudah terjamin dengan adanya asuransi pendidikan.

5. Premi yang Fleksibel

Premi yang harus dibayarkan oleh setiap nasabah asuransi pendidikan terbilang cukup fleksibel. Artinya besarnya premi bergantung pada kebutuhan pendidikan yang diinginkan.

Jika kondisi finansial sangat memungkinkan, bisa mengambil premi tinggi. Namun jika tidak memungkinkan bisa memilih paket asuransi yang lebih ekonomis.

Penutup

Demikian artikel singkat tentang manfaat asuransi pendidikan bagi masa depan anak, semoga dapat membantu keluarga Anda untuk lebih bijak dalam memilih asuransi bagi pendidikan anak.

0 komentar

Posting Komentar

Sebelum Komentar, BACA INI DULU...

- Link aktif akan otomatis dimatikan.
- Klik Notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan dari kami.
- Untuk pertanyaan bersifat pribadi atau diluar topik, silahkan kunjungi halaman Contact Us.

Terimakasih atas kunjungannya 🤗