Pentingnya Asuransi Jiwa Yang Wajib Anda Ketahui

Firman-inside.id - Tak bisa dipungkiri jika asuransi jiwa menjadi salah satu aspek penting dalam kehidupan. Definisi asuransi jiwa itu sendiri merupakan sebuah perjanjian antara perusahaan asuransi dengan pemegang polis.

Yang berarti pihak asuransi akan memberikan jaminan pembayaran manfaat kematian kepada penerima manfaat atau ahli waris tertanggung.

Tujuan utama dari asuransi jiwa adalah untuk menyediakan perlindungan finansial bagi keluarga yang ditinggalkan setelah pemegang polis meninggal.

Itu artinya, jika Anda menjadi salah satu pemegang polis dalam asuransi jiwa, setidaknya Anda sudah menjamin kehidupan keluarga baik itu istri ataupun anak ketika hal terburuk terjadi pada Anda, termasuk kematian.

Namun meski peran asuransi jiwa begitu penting untuk kehidupan, saat ini masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mendaftarkan dirinya.

Seperti yang disampaikan direktur eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia atau AAJI. Dari 265 juta lebih penduduk Indonesia, tercatat hanya sekitar 6,6 % yang memiliki asuransi jiwa.

Hal ini membuktikan kesadaran masyarakat yang kurang terkait besarnya manfaat yang ditawarkan asuransi jiwa. Atau mungkin akibat minimnya informasi bagi masyarakat tentang pentingnya asuransi jiwa dan tata cara klaim asuransi jiwa tersebut.

Pentingnya Asuransi Jiwa Yang Wajib Anda Ketahui
Image by: https://pixabay.com/users/geralt-9301/

Jenis-jenis Produk Asuransi Jiwa

Adapun jenis-jenis produk dalam asuransi jiwa antara lain asuransi jiwa berjangka (term life insurance), asuransi jiwa seumur hidup (whole life insurance), asuransi jiwa dwiguna (endowment insurance), serta asuransi jiwa unit link (unit linked insurance).

Ada beberapa alasan mengapa masyarakat wajib memiliki asuransi jiwa. Salah satunya adalah kesejahteraan keluarga yang terjamin dengan Anda mendaftar sebagai salah satu pemegang polis.

Keluarga memang menjadi asset penting dalam kehidupan, itu mengapa sebagai seorang kepala keluarga Anda harus menjamin kesejahteraan istri dan buah hati.

Terlebih ketika Anda ditakdirkan untuk meninggal lebih dulu. Dengan memiliki asuransi jiwa maka dampak dari resiko tersebut dapat diminimalkan.

Selain itu, peran seorang suami sebagai tulang punggung keluarga juga menjadi salah satu alasan untuk memiliki asuransi jiwa. Jika sesuatu yang buruk terjadi pada Anda atau bahkan kematian, maka setidaknya Anda sudah menyiapkan keluarga lebih siap secara finansial.

Pasalnya jelas seorang suami tak ingin istrinya menanggug  beban besar memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga.

Alasan mengapa masyarakat wajib memiliki asuransi jiwa yang selanjutnya adalah terkait cicilan atau kredit yang besar.

Katakanlah seperti besarnya cicilan KPR, Anda sebagai nasabah tentu wajib membayar cicilan. Lantas bagaimana jika Anda meninggal  sehingga tidak mampu melanjutkan cicilan.

Disinilah peran asuransi jiwa sangat dibutuhkan. Ketika resiko terburuk tersebut terjadi, keluarga yang ditinggalkan tidak harus terbebani dengan cicilan, akan tetapi pihak asuransilah yang akan melunaskan cicilan kepada bank.

Bekerja dengan resiko keselamatan yang tinggi juga menjadi alasan betapa pentingnya asuransi jiwa. Adapun jenis pekerjaan tersebut antara lain adalah seorang pilot, pelaut, tentara  ataupun kontraktor.

Tak bisa dipungkiri jika pekerjaan ini memiliki resiko keselamatan yang besar bahkan bukan tidak mungkin harus bertaruh nyawa. Maka dari itu bagi Anda yang berkerja di sektor tersebut wajib untuk memiliki asuransi jiwa.

Demikian artikel singkat tentang Pentingnya Asuransi Jiwa yang perlu Anda ketahui, semoga bermanfaat untuk kehidupan masa depan Anda beserta keluarga.

0 komentar

Posting Komentar

Sebelum Komentar, BACA INI DULU...

- Link aktif akan otomatis dimatikan.
- Klik Notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan dari kami.
- Untuk pertanyaan bersifat pribadi atau diluar topik, silahkan kunjungi halaman Contact Us.

Terimakasih atas kunjungannya 🤗