Macam-Macam Asuransi dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Masa Depan

Firman-inside.id - Asuransi menjadi alternatif investasi terbaik untuk meminimalisir resiko atas kejadian yang tak bisa diduga. Dikalangan masyarakat awam, asuransi termasuk istilah yang asing.

Maka tak heran jika masyarakat kalangan kecil kurang paham betapa pentingnya peran asuransi dalam kehidupan. Lantas apa sebenarnya itu asuransi?

Macam-Macam Asuransi dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Masa Depan
Image by: https://pixabay.com/users/nattanan23-6312362/

Pengertian Asuransi

Berdasarkan web Otoritas Jasa Keuangan, asuransi merupakan perjanjian antara penyedia jasa layanan asuransi sebagai penanggung dengan yang tertanggung. Istilah tertanggung disini adalah masyarakat yang memegang polis.

Dalam asuransi, pihak tertanggung wajib membayarkan premi dengan tujuan memberikan penggantian atas resiko kerugian, kerusakan, kematian maupun kehilangan keuntungan akibat kejadian tak terduga.

Jenis-Jenis dan Manfaat Asuransi Bagi Kehidupan

Asuransi sendiri memiliki jenis yang beragam. Dari mulai asuransi jiwa, kesehatan, kendaraan, kepemilikan rumah dan properti, pendidikan, bisnis, umum, kredit, kelautan hingga asuransi perjalanan.

Masing-masing tentu saja memiliki manfaat yang berbeda-beda. Lantas apa saja manfaat dari asuransi-asuransi tersebut?

1. Asuransi Jiwa

Tak bisa dipungkiri, asuransi memang menjadi salah satu investasi yang bagus untuk kehidupan. Asuransi jiwa misalnya, jenis asuransi ini dikenal memberikan keuntungan finansial pada tertanggung atas kematiannya.

Asuransi jiwa terbagi menjadi dua jenis berdasarkan pembayarannya. Yakni pembayaran hasil sebelum kematian dan setelah kematian.

Baca artikel tentang Pentingnya asuransi jiwa bagi kehidupan masa depan untuk lebih jelasnya.

2. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan juga memberi manfaat yang tak kalah menjanjikan. Sesuai dengan namanya, asuransi jenis ini bergerak di bidang kesehatan.

Biasanya seorang tertanggung saat mengalami sakit, semua biaya pengobatan akan dihandle oleh pihak asuransi.

Asuransi kesehatan bisa dikatakan mirip dengan lembaga pemerintah semacam BPJS kesehatan, KIS ataupun Jamsostek.

Untuk lebih jelasnya, baca artikel 5 manfaat asuransi kesehatan untuk masa depan yang lebih baik.

3. Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan bisa dibilang lebih populer dikalangan masyarakat dengan tingkat ekonomi menengah keatas.

Asuransi mobil menjadi salah satu yang paling populer di Indonesia, asuransi ini fokus terhadap kerusakan kendaraan orang lain yang diakibatkan si tertanggung, atau bisa juga dimanfaatkan untuk membayar kerusakan maupun kehilangan kendaraan tertanggung.

4. Asuransi Kepemilikan Rumah dan Properti

Asuransi kepemilikan rumah dan properti juga memiliki manfaat yang besar. Asuransi ini biasanya digunakan tertanggung untuk melindungi diri dan aset miliknya yang berupa rumah atau properti pribadi.

Misalnya terjadi kebakaran atau musibah lain yang dialami rumah tertanggung, maka asuransi inilah yang akan melindungi dan memberikan keringan.

5. Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan menjadi favorit bagi para pemegang polis. Ditengah tingginya biaya pendidikan serta kondisi ekonomi yang tidak stabil, asuransi ini bisa jadi opsi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut.

Dengan kata lain, asuransi pendidikan dapat memberi solusi dan menjamin kehidupan yang lebih baik terutama pada aset pendidikan anak.

6. Asuransi Perjalanan

Yang tak kalah populer didunia asuransi adalah asuransi perjalanan. Fungsi utama asuransi ini ialah sebagai proteksi kepada nasabah atau tertanggung dengan jangka waktu yang pendek.

Dengan kata lain asuransi ini mampu memberikan perlindungan kepada pemegang polis selama melakukan perjalanan hingga kembali pulang.

Penutup

Nah itu tadi manfaat dari beberapa asuransi yang familiar ditengah masyarakat. Masih banyak manfaat-manfaat lain asuransi untuk menunjang menuju kehidupan yang lebih baik.

Sekian artikel dari Firman-inside.id tentang macam-macam asuransi beserta manfaatnya, semoga bermanfaat.

0 komentar

Posting Komentar

Sebelum Komentar, BACA INI DULU...

- Link aktif akan otomatis dimatikan.
- Klik Notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan dari kami.
- Untuk pertanyaan bersifat pribadi atau diluar topik, silahkan kunjungi halaman Contact Us.

Terimakasih atas kunjungannya 🤗