Wisata Gunung Tangkuban Perahu, Menikmati Dinginnya Puncak Tertinggi Bandung Barat

Firman-inside.id - Siapa yang tak kenal dengan obyek wisata gunung tangkuban perahu ? Yap, wisata yang satu ini memang menjadi salah satu ikon wisata di kota Kembang, Bandung. Tepatnya berada di daerah Cikole, kabupaten Bandung barat. Puncak tangkuban perahu menjadi primadona wisata yang sangat terkenal di Jawa Barat, Bandung khususnya. Bahkan bukan hanya di Bandung, obyek wisata alam ini begitu tersohor hampir diseantero nusantara.

Puncak gunung tangkuban perahu memiliki tinggi sekitar 2.084 meter diatas permukaan laut (MDPL). Dihiasai dengan rimbunnya hutan pinus plus hamparan kebun teh nan hijau yang begitu menyegarkan mata. Nah bagi anda yang berlibur ke kota Bandung, tidak ada salahnya jika mengunjungi obyek wisata ini. Panorama yang yang ditawarkan puncak tangkuban perahu dijamin tidak akan membuat anda kecewa.

Keindahan Kawah di Wisata Tangkuban Perahu

Wisata Gunung Tangkuban Perahu, Menikmati Dinginnya Puncak Tertinggi Bandung Barat
Sumber gambar: https://instagram.com/ridzal.fdl_

Dikawasan obyek wisata gunung tangkuban perahu terdapat beberapa spot yang bisa anda kunjungi. Salah satunya adalah kawah ratu. Di spot ini anda akan disuguhkan dengan keeksotikan lembah dengan dihiasi pohon-pohon kayu yang telah mati.

Untuk mencapai area ini anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam via jalur parongpong. Tapi jangan kuatir, perjalanan anda akan terasa mengasikan karena melalui hamparan kebun teh yang memukau mata.

Tak kalah indahnya dengan kawah upas, kawah domas juga menjadi andalan dikawasan obyek wisata tangkuban perahu. Meski tidak seramai kawah upas, spot yang satu ini tetap mampu menjadi magnet bagi wisatawan untuk berkunjung. Lokasi ini biasanya dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk berendam pada sumber air panas sebagai alternatif pengobatan penyakit kulit.

Dari ketiga spot dikawasan obyek wisata tangkuban perahu, kawah ratu menjadi primadona para pelancong. Meski lokasinya berada di paling puncak, namun sama sekali tak menyurutkan niat wisatawan untuk datang. Panorama alam yang ditawarkan kawah ratu sungguh mempesona.

Kawah ratu sekaligus menjadi kawah terbesar dibandingkan dua spot kawah lainnya. Di lokasi ini pengunjung dihimbau untuk mengenakan masker untuk menghindari paparan gas beracun yang keluar dari bibir kawah.

Harga Tiket Wisata Tangkuban Perahu

Nah bagi anda yang ingin menikmati keindahan alam obyek wisata tangkuban perahu bakal dikenakan biaya masuk atau HTM (harga tiket masuk) sebesar Rp 25.000 untuk hari biasa dan Rp 30.000 pada hari libur atau weekend.

Sedangkan bagi wisatawan asing dikenakan biaya masuk Rp 200.000 (hari biasa) dan Rp 300.000 (hari libur). Meski harus merogoh kocek lumayan besar, namun dipastikan anda tidak akan kecewa dengan panorama alam yang disuguhkan oleh wisata tangkuban perahu.

Rute Menuju Wisata Tangkuban Perahu

Lalu bagaimana jalur untuk menuju lokasi wisata tangkuban perahu ? Bagi anda wisatawan dari Jakarta bisa menempuh perjalanan via dua jalur yaitu jalur Pasteur dan Subang.

Sedangkan bagi anda pelancong lokal sekitar Bandung, bisa melalui jalan Setiabudi, lalu naik menuju jalan Lembang. Maka tak lama anda sudah sampai di jalan utama Tangkuban Perahu. Tinggal melewati gerbang masuk, bayar andministrasi dan sekarang bisa anda nikmati keindahan alam Cikole.

Jangan lupa ya tetap jaga kebersihan kawasan wisata dan utamakan keselamatan, semoga bermanfaat.

Perhatian: Harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu. Sebaiknya hubungi pihak pengelola wisata terkait perubahan harga tiket.

0 komentar

Posting Komentar

Sebelum Komentar, BACA INI DULU...

- Link aktif akan otomatis dimatikan.
- Klik Notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan dari kami.
- Untuk pertanyaan bersifat pribadi atau diluar topik, silahkan kunjungi halaman Contact Us.

Terimakasih atas kunjungannya 🤗