Thursday, April 5, 2018

Cara Cepat Install TWRP Di Xiaomi Via Mi Recovery

Tags

Firman-inside.id - Banyak para pengguna Xiaomi yang mengganti mode recovery bawaannya menjadi custom recovery seperti TWRP ataupun CWM dengan berbagai alasan tentunya, diantaranya ialah supaya memudahkan dalam proses flash, root, backup rom, dan lain sebagainya.

Pada artikel ini saya akan berbagi tutorial cara menginstal custom recovery TWRP tanpa komputer, disini saya menginstalnya melalui recovery bawaannya sistem atau disebut juga Mi Recovery.

Tapi perlu diperhatikan sebelum melakukan proses instalasi TWRP ini, hp Xiaomi kalian harus unlock bootloader (UBL) terlebih dahulu. Dalam tutorial ini saya menggunakan hp Xiaomi seri Mi 4LTE 2/16 yang sudah UBL dari pabriknya.

Jadi bagi kalian yang menggunakan hp Xiaomi yang belum UBL, silahkan baca artikel Cara Unlock Bootloader Semua Hp Xiaomi.
Cara Cepat Install TWRP Di Xiaomi Via Mi Recovery

Ganti Recovery Bawaan Xiaomi Dengan Custom Recovery TWRP Tanpa PC dan Tanpa Root

Sebelumnya saya pernah juga menulis artikel tentang cara install TWRP melalui aplikasi Flashify, namun aplikasi tersebut memerlukan akses root, jadi tutorial tersebut hanya berlaku bagi kalian yang sudah root atau menggunakan rom versi China developer, karena rom tersebut sudah terdapat fitur root access yang berfungsi sebagaimana aplikasi SuperSU.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum lanjut ke proses pemasangan TWRP antara lain:
  • Hp Xiaomi kalian sudah unlock bootloader, untuk tutorialnya silahkan baca artikelnya melalui link diatas.
  • Baterai harus diatas 70%.
  • Hp tidak dalam keadaan di charge (isi ulang baterai).
  • Saya ingatkan lagi, disini saya menggunakan Xiaomi Mi 4LTE 2/16 dan terbukti berhasil, lakukan proses ini dengan hati-hati dan teliti. Segala bentuk kegagalan bukan tanggungjawab penulis, so DWYOR.

Oke, langsung saja ke proses pemasangan TWRP, berikut tutorialnya:
  1. Yang pertama download file TWRP nya yang berekstensi zip, buat pengguna Mi 4 silahkan download file nya disini, selain pengguna Mi 4 silahkan kunjungi langsung situs TWRP kemudian download file TWRP.zip sesuai tipe hp kalian.
  2. Kemudian simpan file TWRP hasil download tadi di penyimpanan internal diluar folder, lalu ubah namanya menjadi update.zip (huruf kecil semua).
  3. Jika semua hal diatas sudah dilakukan, selanjutnya matikan hp kalian, lalu masuk ke mode recovery dengan cara tekan tombol power bersamaan dengan tombol volume atas.
  4. Kemudian jika sudah masuk di mode recovery, tekan tombol volume atas dan bawah sebagai navigasi pilihan atas atau bawah, dan tombol power sebagai ok.
  5. Kemudian pilih menu install update.zip to system.
  6. Tunggu prosesnya hingga selesai.
  7. Jika sudah selesai, silahkan reboot hp kalian, kemudian coba masuk ke mode recovery, jika berhasil maka tampilan recovery nya akan menjadi TWRP.

Oke itulah tutorial singkat cara memasang custom recovery TWRP tanpa PC dari Firman-inside.id, jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Sebelum Komentar, BACA INI DULU...

- Link aktif akan otomatis dimatikan.
- Klik Notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan dari kami.
- Untuk pertanyaan bersifat pribadi atau diluar topik, silahkan kunjungi halaman Contact Us.

Terimakasih atas kunjungannya 🤗
EmoticonEmoticon