Thursday, August 3, 2017

Cara Menginstal Xposed Installer Pada Smartphone Xiaomi

Tags

Cara Menginstal Xposed Installer Pada Smartphone Xiaomi
Firman-inside.id - Pada artikel berikut ini saya akan memberikan tutorial cara menginstal Xposed Installer khususnya pada Smartphone Xiaomi, baik itu seri Redmi maupun Mi. Tutorial ini sudah saya coba pada seri Xiaomi Mi4 LTE 2/16 posisi MIUI 8 China Developer Android 6.0.1, dengan hasil yang memuaskan. Jadi ada kemungkinan akan berhasil juga pada seri lainnya. Oke, langsung saja.

Hal Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Install Xposed

Sebelum menginstal Xposed pada Xiaomi kalian, ada baiknya kalian simak beberapa fungsi dari Xposed ini, antara lain yaitu untuk merubah tampilan antar muka Xiaomi dengan Module​ XMIUI, Tweak, menghilangkan iklan di android, YouTube, ataupun blog, kemudian juga bisa untuk nge cheat game, dan masih banyak lagi fungsi lainnya.

Semua fungsi diatas bisa kalian gunakan dengan cara menginstal Module, setiap Module memiliki fungsi yang berbeda-beda. Ada banyak sekali Module Xposed yang tersedia dengan fungsi yang beragam.

Namun selain itu, juga terdapat beberapa kekurangan dari install Xposed ini, yaitu membuat baterai cepat habis, menurunkan performa Android tergantung seberapa banyak Module yang kalian install. Tapi semua itu bisa kalian atasi dengan menginstal Module yang bernama Greenify, fungsinya yaitu menjaga ketahanan dan performa baterai Android kalian.

Cara Install Xposed Installer dan Xposed Framework Pada Xiaomi

Xposed Framework berfungsi untuk menjalankan aplikasi Xposed Installer tersebut, dengan kata lain Xposed Installer tidak bisa berfungsi tanpa Xposed Framework. Sedangkan Module Xposed merupakan aplikasi yang fungsinya sebagai alat modifikasi android, dan hanya bisa diinstall jika Android sudah terinstall Xposed Installer. Lah, kok mbulet gini yak... Sudahlah, lanjut.

Beberapa Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Install Xposed di Xiaomi

Sebelum lanjut ke langkah selanjutnya, perlu kalian ketahui beberapa syarat yang harus dipenuhi berikut ini.
  • Segala resiko ditanggung sendiri
  • Seperti yang sudah saya bilang diatas, bahwa tutorial ini sudah sukses saya coba di Xiaomi Mi4 LTE 2/16. Jadi ada kemungkinan berhasil di Xiaomi yang lain, tapi jika ada kendala silahkan tulis di kolom komentar, insyaallah saya bantu sebisanya.
  • Wajib Unlock Bootloader
  • Syarat berikutnya ialah ubl, ini wajib lain lakukan sebelum melakukan aktifitas modifikasi Xiaomi, karena bisa dibilang ini adalah gerbang untuk bisa oprek Xiaomi kalian. Untuk kalian yang belum ubl, silahkan baca cara Unlock Bootloader Smartphone Xiaomi.
  • Backup data dan Rom
  • Apapun aktifitas oprek android yang akan kalian lakukan, sebaiknya lakukan backup terlebih dahulu untuk menghindari resiko-resiko yang tak diharapkan.
  • Install Custom Recovery
  • Custom Recovery berguna saat akan menginstal Xposed Framework. Terdapat beberapa macam custom Recovery, tapi disini saya menggunakan jenis TWRP. Buat kain yang belum install Twrp silahkan baca cara Install Custom Recovery TWRP pada Xiaomi.
  • Sudah ROOT
  • Kemudian syarat selanjutnya yaitu sudah Root, Root disini sangat diperlukan karena aplikasi Xposed Installer dan Module-Module yang akan kita install nanti membutuhkan akses Root. Untuk kalian yang menggunakan Rom China Developer, silahkan aktifkan Root Access pada menu Permission, untuk lebih lengkapnya baca cara mengaktifkan root akses pada rom china.
  • Kenali detail Xiaomi kalian
  • Yang saya maksud adalah spesifikasi software sistem Android pada Xiaomi kalian seperti ARM, SDK atau API, dan lain sebagainya. Karena siap android itu memiliki versi sistem yang berbeda-beda, maka dari itu versi Xposed Framework nya pun berbeda-beda.

Memilih dan menginstal Xposed Framework yang cocok untuk Xiaomi

Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Install aplikasi Xposed Installer pada Xiaomi kalian, bisa melalui Forum XDA.
  • Kemudian pasang dan buka aplikasi Xposed Installer dan jangan lupa beri akses root pada aplikasinya, kemudian lihat info sistem seperti gambar dibawah ini.
    Cara Menginstal Xposed Installer Pada Smartphone Xiaomi
  • Perhatikan gambar diatas, Xiaomi saya menggunakan sistem API 23 dan ARM, jadi nanti saya akan download Xposed Framework SDK23 ARM.
    Silahkan kalian sesuaikan sendiri dengan sistem di Xiaomi kalian.
  • Kemudian download Xposed Framework di forum XDA sesuai dengan yang sudah di jelaskan diatas.
  • Setelah didownload, pindahkan Xposed Framework hasil download tadi ke memori internal.
  • Selanjutnya masuk ke mode recovery TWRP, dan cari file Xposed Framework nya kemudian install dengan cara swipe ke kanan pada swipe to confirm flash.
  • Setelah selesai, kemudian reboot Xiaomi kalian dan tunggu sampai selesai, ini akan memakan waktu cukup lama.
  • Proses selesai, kini Xiaomi kalian sudah terinstall Xposed Framework, silahkan cek di aplikasi Xposed Installer apakah sudah terinstall atau belum.

Oke, itulah beberapa langkah untuk menginstal Xposed Installer pada Xiaomi. Selanjutnya tinggal install Module untuk memaksimalkan, mempercantik tampilan, dan modifikasi Xiaomi kalian.

Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tulis di kolom komentar. Jangan lupa di share ke media sosial kesayangan kalian, terimakasih semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

6 komentar

Sangat komplit penjelasanya mas,,langsung bisa di cerna,,,pas banget buat para pengguna android siomi...tapi sayangnya saya belum beli mas...hee

Haha, makasih kang, tak doain semoga cepet beli hape siomi, hehe.. :)

Untuk Samsung bisa gak mas?? Hehehe

Artikelnya sangat informativ selain tutorialnya yang mudah diikuti penjelasannya juga sangat jelas,, Mantap bang and thanks ya... :)

Sebelum Komentar, BACA INI DULU...

- Link aktif akan otomatis dimatikan.
- Klik Notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan dari kami.
- Untuk pertanyaan bersifat pribadi atau diluar topik, silahkan kunjungi halaman Contact Us.

Terimakasih atas kunjungannya 🤗
EmoticonEmoticon