Tuesday, July 25, 2017

Wisata Budaya Pura Mandara Giri Semeru Agung Lumajang

Tags

Firman-inside.id - Banyak tempat wisata yang bisa kita jelajahi di bumi Nusantara ini. Lumajang misalnya, terkenal sebagai kota yang banyak menyimpan keindahan wisata alam yang sangat eksotis, namun tak hanya itu, Lumajang juga memiliki keragaman budaya yang masih terjaga sampai saat ini. Wisata budaya Kota Lumajang yang terkenal salah satunya yaitu Pura Mandara Giri Semeru Agung.

Pura ini merupakan bangunan besar yang menjadi tempat ibadah bagi umat Hindu. Tapi jangan salah, meskipun kita bukan umat Hindu tetap bisa memasuki kawasan ini sekedar untuk berwisata. Disini kita bisa melihat indahnya bangunan pura yang kaya akan nilai budaya.

Suasana Indah dan Tenang Pura Mandara Giri Semeru Agung

Wisata Budaya Pura Mandara Giri Semeru Agung Lumajang
Seperti tempat-tempat ibadah pada umumnya, pura ini memberikan suasana tenang bagi setiap pengunjungnya. Bangunan pura yang terlihat kokoh memberikan nuansa budaya yang sangat indah dengan ukiran khas kerajaan kuno yang menghiasi setiap sisi bangunan tersebut.

Pura Mandara Giri Semeru Agung ini memiliki beberapa spot indah yang bisa kita kunjungi. Namun terdapat kawasan utama dari pura ini yang tidak bisa kita masuki, kawasan ini khusus bagi umat Hindu yang ingin melaksanan ibadah. Jadi buat kita yang tidak berkepentingan untuk ibadah, dilarang memasuki kawasan utama pura tersebut. Pura ini sangat Sakral bagi Umat Hindu seperti. Pura ini akan sangat ramai dikunjungi oleh umat Hindu dari Jawa maupun dari Bali pada hari besar keagamaan seperti Galungan, Kuningan dan Hari Jadi Pura tersebut.

Wisata budaya ini sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari tempat liburan bersama keluarga, menikmati indahnya arsitektur bangunan pura. Anda juga bisa melaksanakan pemotretan di tempat ini, tentu dengan ijin terlebih dahulu kepada petugas yang berjaga.

Lokasi dan Rute Perjalanan Menuju Pura Mandara Giri Semeru Agung

Lokasi pura berada di Desa Senduro, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Menurut letak geografisnya, pura ini bisa dibilang berada di kaki Gunung Semeru. Akses menuju lokasinya pun mudah dijangkau, Anda tinggal menuju kearah barat dari kota Lumajang mengikuti arah jalan ke Senduro. Akses ini juga merupakan jalan menuju wisata Puncak B29 (Negeri Diatas Awan).

Jika Anda berasal dari luar kota Lumajang atau masih bingung dengan lokasi Pura Mandara Giri Semeru Agung, Anda bisa menggunakan navigasi Google Maps, atau bisa lihat peta lokasi dibawah ini.

Tips dalam perjalanan wisata Anda

Untuk kenyamanan wisata Anda, kami punya beberapa tips yang bisa Anda ikuti.
  • Jika Anda berasal dari luar kota Lumajang, sebaiknya Anda menggunakan kendaraan roda 4 supaya lebih nyaman. Anda juga bisa menyewa penginapan di hotel yang ada di Lumajang, tentunya dengan harga yang terjangkau.
  • Membawa bekal secukupnya, dan JANGAN BUANG SAMPAH SEMBARANGAN, karena wisata ini merupakan tempat ibadah umat Hindu, maka bersikaplah sebagaimana kita berada di tempat ibadah kita.
  • Jika Anda berlibur bersama keluarga, ada baiknya kalau anda membawa tikar untuk tempat beristirahat.
  • Membawa kamera sebagai dokumentasi atau mengabadikan sisi keindahan Pura Mandara Giri Semeru Agung.
  • Dan jangan lupa jaga stamina dan kesehatan Anda.

Itulah sedikit pembahasan tentang Wisata Budaya Pura Mandara Giri Semeru Agung Lumajang yang bisa menjadi referensi liburan Anda, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

8 komentar

spot puranya bagus ni buat foto2an...

Iya mas, apalagibuat yg eksis di instagram, pasti betah lama2 disini.

Duh.. Jadi pengen explore Lumajang...
Semoga besok-besok bisa kesampaian.. Aamiin

Amiin, saya doain juga mas biar kesampaian, he,he,he

Baru cuma ke Ranu Pani aja bung.. haha

Nanggung om, kenapa gak sekalian ke ranu kumbolo aja, hehe..

Wah, keren banget ya.
Jadi pengen ke lumajang.
Semoga suatu hari bisa kesampaian ke sana

Sebelum Komentar, BACA INI DULU...

- Link aktif akan otomatis dimatikan.
- Klik Notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan dari kami.
- Untuk pertanyaan bersifat pribadi atau diluar topik, silahkan kunjungi halaman Contact Us.

Terimakasih atas kunjungannya 🤗
EmoticonEmoticon