Sunday, July 23, 2017

Menikmati Indahnya Wisata Goa Tetes Lumajang

Tags

Firman-inside.id - Buat pecinta Travelling, tidak ada salahnya jika Anda berkunjung ke Air Terjun Goa Tetes ini. Air terjun ini sudah terkenal dari dulu hingga sekarang sebagai ikon wisata di Kabupaten Lumajang. Selain keunikannya, wisata alam yang satu ini juga penuh akan mitos masyarakat sekitar yang berkembang. Penasaran seperti apa itu Air Terjun Goa Tetes, baca artikel ini selengkapnya.

Keindahan Wisata Alam Air Terjun Goa Tetes

Wisata Alam Air Terjun Goa Tetes Pronojiwo Lumajang
Jika dilihat dari namanya sebagian orang pasti bingung, ini wisata air terjun apa wisata gua? Baik, akan saya jelaskan. Jadi wisata ini merupakan perpaduan antara air terjun dan gua, gua tersebut tepat berada di bagian bawah air terjun sehingga air yang jatuh itu menyerap masuk kedalam gua sehingga menetes di dinding gua dan membentuk stalagmit dan stalagtit yang eksotis berwarna kuning keemasan. Warna tersebut merupakan pembentukan dari batu, kapur, dan belerang.

Dibawah Goa Tetes tersebut terdapat kubangan air yang disebut Telaga Biru. Telaga ini bisa menjadi tempat bersantai sambil menikmati indahnya pemandangan tebing yang sangat memukau mengelilingi Gua Tetes ini. Keaslian alam yang indah membuat mata seakan tak mau berkedip.

Mitos Yang Ada di Air Terjun Goa Tetes

Masyarakat sekitar mempercayai bahwa barangsiapa yang mandi dengan air yang menetes dari dalam gua tersebut, maka akan awet muda, dan kalau misalnya masih lajang, maka akan segera mendapatkan jodoh. Bahkan jika sedang terdapat masalah dalam rumah tangga, masyarakat mempercayai akan kembali harmonis jika mandi di dalam gua tersebut. Tapi itu semua tergantung dari kepercayaan kita masing-masing, lagipula tidak ada salahnya jika saat kita berwisata sambil mandi di tempat itu, karena airnya sangat bersih dan jernih.

Lokasi dan Rute Perjalanan Menuju Air Terjun Goa Tetes

Jika Anda berminat untuk berwisata ke Goa Tetes yang berlokasi di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur 67374. Berikut saya sediakan peta penunjuk Ke arah lokasi.
Rute perjalanan yang bisa Anda tempuh terdapat 2 jalur, yaitu jalur Malang dan jalur Lumajang.
  • Dari arah Malang
  • Dari arah Kota Malang menuju ke Bululawang, kemudian Dampit, lalu ke arah Tirtomoyo, setelah itu dilanjutkan ke arah Pronojiwo.
  • Dari arah Lumajang
  • Dari arah Kota Lumajang, langsung ambil jalur Tempeh, kemudian Pasirian, lalu ke Candipuro, setelah itu Pronojiwo.
Setelah sampai di Pronojiwo, tepatnya di Desa Sidomulyo, Anda bisa bertanya pada masyarakat sekitar tentang lokasi wisata tersebut. Setelah itu cari tempat parkir terdekat dengan lokasi dengan biaya parkir Rp. 5.000 dan biaya tiket masuk Rp. 5.000. Kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki dengan medan yang cukup curam namun sudah tertata rapi.

Air Terjun Goa Tetes ini letaknya bersebelahan dengan Air Terjun Tumpak Sewu, dan Anda bisa langsung menuju ke air terjun Tumpak Sewu melewati arah yang sudah disediakan. Tentunya melewati tebing dengan aliran sungai yang sangat mengacu adrenalin. Kemudian setelah hampir sampai di Air Terjun Tumpak Sewu, Anda akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 5.000 untuk menikmati indahnya Air Terjun Tumpak Sewu, sangat terjangkau bukan.

Saran dan Tips

Saya menyarankan untuk Anda yang ingin berwisata ke Air Terjun Goa Tetes ini, sebaiknya menyiapkan kondisi kesehatan yang prima, karena dibutuhkan tenaga untuk bisa sampai ke lokasi Goa Tetes dari tempat parkir kendaraan. Membawa pakaian ganti, karena pakaian pasti basah terkena air. Untuk bekal, silahkan membawa secukupnya saja karena disana sudah tersedia penjual makanan.

Kemudian untuk Anda yang butuh penginapan, saya sarankan untuk menginap di Kota Lumajang, disana terdapat banyak pilihan hotel yang bisa Anda pilih dengan harga yang terjangkau. Beberapa hotel yang recomended diantaranya yaitu Hotel Grand Aloha, Hotel Gajah Mada, Hotel Prima, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Itulah review tentang Wisata Alam Air Terjun Goa Tetes yang bisa menjadi referensi liburan Anda, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

4 komentar

wah menarik mas bisa di kunjungi saat pergi ke malang nanti kira - kira berapa jam ya malang - lumajang terima kasih

Kalau bisa foto dari atas air terjun keren mas. Tapi gak tau masih dilarang apa endak. Dulu saya sembunyi", tapi hasilnya keren banget.

Iya memang menarik mas, kira2 sekitar 1 jam.

Aduh mas, saya gak kepikiran sampe situ mas, tapi kapan2 mau saya coba mas, kayaknya menarik juga.. hehe

Sebelum Komentar, BACA INI DULU...

- Link aktif akan otomatis dimatikan.
- Klik Notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan dari kami.
- Untuk pertanyaan bersifat pribadi atau diluar topik, silahkan kunjungi halaman Contact Us.

Terimakasih atas kunjungannya 🤗
EmoticonEmoticon