Saturday, July 22, 2017

Air terjun Tumpak Sewu Serpihan Surga Kota Lumajang

Tags

Firman-inside.id - Air terjun memang merupakan wisata alam yang banyak peminatnya, apalagi buat Anda yang hobi traveling, pasti air terjun menjadi daftar wajib yang harus dikunjungi. Indonesia sangat kaya akan wisata alam yang menakjubkan dan eksotis, maka dari itu tak jarang turis mancanegara banyak berdatangan ke negeri kita ini. Di Jawa Timur saja terdapat banyak wisata alam yang populer seperti wisata Gunung Bromo, Gunung Semeru, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Lokasi Wisata Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu ini memiliki 2 nama yaitu Tumpak Sewu dan Coban Sewu. Lokasinya terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Secara geografis, air terjun ini merupakan aliran dari sungai Glidih yaitu sungai yang menjadi perbatasan antara Kabupaten Lumajang dan Malang. Air terjun ini memiliki kemiripan dengan air terjun Coban Pitu yang berada di Pujon Malang.

Pronojiwo terkenal dengan buah salak nya yang khas, namun tak hanya itu, Pronojiwo memiliki berbagai macam air terjun yang tak kalah menakjubkan diantaranya yaitu Air terjun Kapas Biru, Kabut Pelangi, dan Goa Tetes. Letaknya pun saling berdekatan, jadi jika Anda berkunjung ke Pronojiwo, tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi semua air terjun yang ada disana. Bahkan Anda bisa langsung menuju ke Air Terjun Goa Tetes langsung melalui jalur yang sudah disediakan, yaitu menaiki tebing yang ekstrim.

Air Terjun Tumpak Sewu Serpihan Surga dari Lumajang
Nama Tumpak Sewu diambil karena air terjun ini memiliki banyak mata air yang jatuh ke dasar tebing yang melingkar, seakan-akan menyerupai tirai. Air terjun Tumpak Sewu ini dijuluki dengan "Serpihan Surga" mungkin dikarenakan air terjun ini sangat indah bagaikan surga yang nyasar di bumi.

Rute Perjalanan Menuju Air Terjun Tumpak Sewu

Berikut saya menyediakan peta untuk Anda yang bisa dijadikan patokan saat menuju ke lokasi wisata Air Terjun Tumpak Sewu.
Terdapat dua akses menuju Air terjun Tumpak Sewu, yaitu melalui arah Kota Malang dan Kota Lumajang. Berikut masing-masing rute yang bisa Anda lewati:
  • Rute Kota Malang
  • Dari arah Kota Malang menuju ke Bululawang, kemudian Dampit, lalu ke arah Tirtomoyo, setelah itu dilanjutkan ke arah Pronojiwo.
  • Rute Kota Lumajang
  • Dari arah Kota Lumajang, langsung ambil jalur Tempeh, kemudian Pasirian, lalu ke Candipuro, setelah itu Pronojiwo.
Setelah sampai di Pronojiwo, Anda bisa bertanya pada penduduk sekitar tentang lokasi Air terjun Tumpak Sewu. Setelah sampai di pintu masuk ke air terjun yang bertuliskan "Welcome Air Terjun Tumpak Sewu Sidomulyo - Pronojiwo - Lumajang". Kemudian parkirkan kendaraan Anda pada petugas dengan biaya yang sudah ditetapkan pemerintah yaitu Rp. 5.000 lalu dilanjutkan dengan jalan kaki.

Medan Ekstrim Menuju Air Terjun Tumpak Sewu

Dalam perjalan dari tempat parkir menuju air terjun terdapat medan yang sangat ekstrim. Dikarenakan tempat air terjun yang berada diantara tebing-tebing tinggi sehingga hanya anak tangga dan seutas tali menjadi sarana utama menuju air terjun tersebut. Namun itu semua akan terbayarkan jika Anda sudah sampai di air terjun ini dan menikmati indahnya pemandangan air terjun berbentuk setengah lingkaran yang dijatuhi air sehingga menyerupai tirai.

Subhanallah, Maha Suci Allah yang telah menciptakan keindahan yang sangat menakjubkan ini. Demikian artikel tentang Keindahan Air Terjun Tumpak Sewu, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

4 komentar

Subhanallah. Indonesia memang kaya akan wisata alamnya yang indah.

Iya betul mas, asal kita mau menjaga dan merawatnya, supaya anak cucu kita juga bisa merasakan keindahannya.

keren banget itu mas, indonesia memang surga wisata bahkan wisatawan asing pun rela jauh2 untuk datang ke indonesia

Betul mas, kita harus sama2 menjaga dan melestarikan kekayaan alam negeri kita ini mas.

Sebelum Komentar, BACA INI DULU...

- Link aktif akan otomatis dimatikan.
- Klik Notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan dari kami.
- Untuk pertanyaan bersifat pribadi atau diluar topik, silahkan kunjungi halaman Contact Us.

Terimakasih atas kunjungannya 🤗
EmoticonEmoticon