Monday, July 24, 2017

Air Terjun Kapas Biru Niagaranya Kota Lumajang

Tags

Firman-inside.id - Kota Lumajang dijuluki sebagai kota pisang, namun selain terkenal akan buah pisang Agung yang menjadi andalannya, Lumajang juga dikenal akan wisata alamnya yang masih sangat alami dan eksotis. Air Terjun Kapas Biru misalnya, air terjun ini seringkali disebut sebagai "Niagara nya Lumajang" adapula yang menyebutnya sebagai "Surga Tersembunyi dari Lumajang". Untuk Anda yang berminat berwisata ke tempat ini, silahkan baca artikel ini selengkapnya.

Pesona Indahnya Air Terjun Kapas Biru


Wisata Alam Air Terjun Kapas Biru Surga Tersembunyi dari Lumajang
Air terjun ini memiliki keindahan yang luar biasa, dengan ketinggian lebih dari 20 meter dan debit air yang sangat deras membuat air terjun ini semakin indah jika dilihat dari kejauhan. Airnya yang jernih seakan memancing para wisatawan untuk mandi dan merasakan dinginnya air terjun Kapas Biru ini. Tidak saya sarankan untuk Anda untuk mandi tepat dibawah jatuhnya air terjun tersebut, karena debit airnya yang sangat deras akan berbahaya jika Anda mandi disana.

Ditambah lagi pemandangan tebing yang hijau dan pepohonan yang mengelilingi sekitar air terjun, seakan-akan kita sedang berada di surga. Tempat istirahat yang disediakan pengelola cukup nyaman, sehingga kita bisa melepaskan lelah saat perjalanan dengan menikmati indahnya pemandangan air terjun ini.

Lokasi dan Rute Perjalanan Menuju Air Terjun Kapas Biru

Berikut peta lokasi yang saya sediakan, untuk menjadi referensi dalam perjalanan Anda.
Sama halnya Air Terjun Tumpak Sewu dan Air Terjun Goa Tetes, air terjun ini berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Terdapat 2 jalur yang bisa Anda tempuh untuk mengakses lokasi ini yaitu dari arah Malang dan Lumajang kota.
  • Dari arah Malang
  • Dari arah Kota Malang menuju ke Bululawang, kemudian Dampit, lalu ke arah Tirtomoyo, setelah itu dilanjutkan ke arah Pronojiwo.
  • Dari arah Lumajang
  • Dari arah Kota Lumajang, langsung ambil jalur Tempeh, kemudian Pasirian, lalu ke Candipuro, setelah itu Pronojiwo.
Setelah sampai di Pronojiwo tepatnya di desa Sidomulyo, Anda bisa bertanya pada masyarakat sekitar tentang lokasi dari Air terjun Kapas Biru ini. Selanjutnya anda akan memasuki jalan sempit yang dipenuhi pohon salak di sepanjang jalan. Tiba di tempat parkir, silahkan Anda parkirkan kendaraan Anda dengan tarif Rp. 5.000, kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki menuju lokasi air terjun. Pada pintu masuk, Anda akan dikenai biaya masuk sebesar Rp. 5.000. Selanjutnya silahkan lanjutkan perjalan Anda menuju air terjun.

Jalur Ekstrim Menuju Air Terjun Kapas Biru

Dari tempat parkir kendaraan, Anda akan melalui jalan setapak dengan medan yang sangat curam dan sangat memacu adrenalin, jadi sangat saya sarankan untuk ekstra hati-hati saat melewati medan ini. Jaraknya pun cukup jauh, jadi silahkan anda menikmati hijaunya pepohonan di sepanjang perjalanan supaya tidak terasa lelah.

Kemudian trek terakhir yang akan Anda temui yaitu persawahan, dari situ sudah terdengar suara gemuruh dari air terjun yang menandakan bahwa lokasi sudah tidak jauh lagi. Setelah sampai di lokasi, semua rasa capek dan lelah pasti akan terbayar lunas saat melihat keindahan Air Terjun Kapas Biru ini.

Saran dan tips

Sebelum melakukan perjalanan menuju Air Terjun Kapas Biru, sedikit tips dari saya supaya anda nyaman dalam berwisata.
  • Persiapkan kesehatan dan stamina Anda, ini sangat penting karena perjalanan menuju air terjun ini sangat menguras tenaga.
  • Membawa bekal secukupnya, karena di lokasi air terjun hanya tersedia 1 warung yang menjual makanan, jadi ada baiknya jika Anda membawa bekal dari rumah. Tapi ingat, BAWA KEMBALI SAMPAH ANDA jangan sampai mengotori lingkungan sekitar air terjun.
  • Saya sarankan untuk Anda supaya membawa kamera, karena sangat sayang jika Anda tidak mengabadikan pemandangan disana.
Itulah tips yang bisa saya berikan untuk Anda, semoga anda bisa berlibur dengan nyaman. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

2 komentar

Foto-fotonya keren om.

Sayang jauh dari tempatku, kalau tidak sudah saya satroni.. soalnya saya penggemar yang kayak ginian

Iya om, yang punya jiwa petualang wajib kesini nih.

Sebelum Komentar, BACA INI DULU...

- Link aktif akan otomatis dimatikan.
- Klik Notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan dari kami.
- Untuk pertanyaan bersifat pribadi atau diluar topik, silahkan kunjungi halaman Contact Us.

Terimakasih atas kunjungannya 🤗
EmoticonEmoticon