Wednesday, April 26, 2017

Panduan Menjadi Youtuber Bermodalkan Smartphone Android Untuk Pemula

Firman-inside.id - Banyak sekali diluar sana orang-orang yang sukses menjadi Youtuber, dengan mengaitkan channel YouTube yang mereka punya dengan akun adsense, sehingga dapat menghasilkan uang dari channel yang mereka kelola.

Baca juga panduan lengkap menjadi blogger hanya dengan Android.

YouTube adalah penyedia layanan video, maka dari itu kita harus memiliki video supaya bisa bergabung menjadi Youtuber. Sebelum itu, kita harus terlebih dahulu memikirkan konsep apa yang akan kita bahas dalam channel kita nantinya, saya sarankan untuk membahas satu niche atau topik dalam satu channel, misalnya satu channel hanya berisi video-video tentang tutorial, maka jangan upload video selain tutorial dalam channel tersebut. Ini memudahkan subscriber kita nanti dalam menjelajahi video-video kita di YouTube.

Menjadi Youtuber tidaklah semudah yang kita bayangkan sebelumnya, memang ada jalan pintas untuk bisa cepat mendapat viewer dari YouTube yaitu dengan cara reupload video orang lain, tapi cara ini memberikan efek buruk bagi channel kita, yaitu di banned. Kalau sudah di banned, maka channel kita sudah tidak dapat diakses lagi dan sudah terhapus permanen dari YouTube.

Membangun channel YouTube dengan cara yang benar dan tidak melanggar aturan Google memang membutuhkan kesabaran. Kita harus membuat sendiri video yang mau kita upload, dan usahakan bisa menarik viewer untuk menontonnya.

Kamera, komputer, dan koneksi internet sangat penting bagi seorang Youtuber dalam membuat konten yang menarik. Tapi jangan khawatir dulu, untuk kalian yang tidak punya alat-alat diatas, berikut ini saya akan memberikan tips untuk menjadi Youtuber hanya bermodalkan smartphone Android.

Langkah-langkah Menjadi Seorang Youtuber Dengan Android

Panduan Menjadi Youtuber Bermodalkan Smartphone Android Untuk Pemula
Pastikan kalian sudah mempunyai smartphone Android dan memiliki paket data atau akses internet. Tentukan terlebih dahulu topik apa yang akan kalian bahas dalam channel YouTube kalian, misalnya disini saya akan membahas tentang pariwisata. Maka yang paling penting disini adalah kualitas kamera smartphone yang kalian gunakan, saya sarankan kalian menggunakan smartphone yang kameranya sudah support HD (1280x720) atau Full HD (1920x1080) supaya menghasilkan gambar yang jernih.

Aplikasi Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Youtuber di Android

Berikut aplikasi-aplikasi yang harus kalian install dalam smartphone kalian untuk mendukung proses pembuatan video yang menarik dan disukai viewer.
  1. YouTube
  2. Untuk menjadi Youtuber tentu memerlukan aplikasi utamanya yaitu aplikasi YouTube. Aplikasi ini banyak fungsinya, selain untuk menonton video, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk upload video yang sudah kita buat. Selain itu, aplikasi ini juga bisa memberi notifikasi jika ada youtuber lain yang berkomentar dalam video kita. Aplikasi ini tersedia gratis di Play Store.
  3. YouTube Creator
  4. Aplikasi YouTube Creator digunakan para Youtuber untuk memantau trafik, mengedit deskripsi video, menambah tag, mengaktifkan monetize, membuat playlist, dan lain-lain. Aplikasi ini bisa kalian dapatkan di Play Store gratis.
  5. Browser Firefox
  6. Untuk bisa membuka situs YouTube layaknya di desktop, maka diperlukan aplikasi browser Firefox ini karena browser ini mampu menampilkan tampilan desktop suatu situs. Jadi ini sangat berguna saat kita sudah selesai upload video lalu mau mengubah gambar thumbnail atau ingin menambahkan anotasi juga bisa menggunakan aplikasi ini, caranya cukup mudah yaitu kunjungi situs YouTube, kemudian setelah berada di beranda YouTube klik tombol opsi (titik tiga) yang ada di pojok kanan atas browser, lalu checklist bagian Request desktop site (minta situs desktop).
  7. KineMaster
  8. Dari sekian banyak aplikasi pengedit video yang bertebaran di PlayStore, saya lebih menyarankan untuk menggunakan aplikasi KineMaster untuk mengedit video di android. Karena KineMaster memiliki beragam fitur yang menurut saya sangat lengkap untuk kebutuhan Youtuber. Yang paling saya suka dari aplikasi ini yaitu bisa menghapus atau mengganti background video yang sudah kita buat dengan green screen, silahkan baca cara mengubah background video dengan kinemaster.

    Namun terdapat kekurangan dan aplikasi ini, yaitu terdapat watermark yang hanya bisa dihapus jika kita membayar. Tapi jangan khawatir saya sudah menyediakan cara agar kalian bisa menikmati aplikasi KineMaster ini tanpa watermark secara gratis, silahkan baca cara menghapus watermark KineMaster ROOT dan NO ROOT.

    Disini saya punya rekomendasi buat kalian, aplikasi Android pengedit video yang wajib kalian install, silahkan baca 3 Aplikasi Terbaik Pengedit Video Di Android.
  9. DU Recorder
  10. Aplikasi ini merupakan alat perekam layar yang dikembangkan oleh DU Apps Studio yang sangat cocok buat kalian yang memilih topik tutorial smartphone. Aplikasi ini tersedia gratis di Play Store. Banyak aplikasi perekam layar di Play Store, namun aplikasi inilah menurut saya yang paling nyaman digunakan. Selain itu aplikasi ini mampu menghasilkan video dengan resolusi hingga 1080p (Full HD).

Cara Membuat Channel Baru Di YouTube

Setelah menentukan topik apa yang mau dibahas pada channel kalian, sekarang waktunya membuat channel pada YouTube.
  • Buatlah akun Google terlebih dahulu, silahkan baca cara membuat akun Google dengan mudah.
  • Setelah punya akun Google, silahkan buka browser Firefox kalian dan jangan lupa aktifkan tampilan desktop, kemudian kunjungi situs YouTube.
  • Kemudian login dengan akun Google kalian pada YouTube, dengan begitu akun YouTube kalian sudah berhasil dibuat.
  • Selanjutnya klik foto profil kalian yang ada di pojok kanan atas, kemudian klik Creator Studio.
  • Kemudian pilih Create a Channel, lalu lanjutkan dengan memasukkan nama channel kalian.
  • Kini channel YouTube kalian sudah berhasil dibuat.

Selanjutnya silahkan berkreasi membuat konten video yang menarik kemudian upload pada channel YouTube kalian.

Itulah tips dari saya untuk menjadi seorang Youtuber menggunakan android, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

20 komentar

Jadi YouTuber lewat Android itu bisa menentukan panjang x lebar videonya mas Firman? Saya pengen juga sih, biar bisa langsung upload kalo ada moment seru.

Kalo menentukan panjang x lebar itu tergantung pengambilan videonya mas, jadi usahakan waktu merekam harus dalam keadaan landscape atau miring, dengan ukuran 9:16. Tapi kalo miasalnya sudah terlanjur merekam dengan posisi potrait, nanti bisa diedit lagi menjadi landscape pake aplikasi kinemaster.

Iya mas sama2, trimakasih ya sudah berkunjung... :)

saya belajar mati matian Youtube... tpi al hasil ya ngono ngono wae

Youtube emang gitu gan, harus bertahap, kalau tiba2 hasilnya meningkat drastis malah nanti dikira spam, dan ujung-ujungnya dibanned.

Kebanyakan orang kalau sudah sukses di youtube pasti akan sukses di dunia nyata juga. Kesulitannya kadang saat memikir ide video apa yang akan dibuat, namun ide seperti sosial eksperimen, video yang unik dan lucu, dan video yang bersifat informatif bisa menjadi referensi youtuber pemula. Btw, mantaps nih panduannya mas Firman, edit video tak perlu sofware mahal ya mas hehe

Iye begitu mas, yuk mari berkarya melalui youtube..:) (y)

Iya mas rudi, untuk pemula sebaiknya siapkan konsep yang benar-benar matang sebelum memulai membuat channel, supaya tidak berhenti di tengah jalan cuma karena kehabisan ide nantinya. Untuk urusan edit mengedit tak perlu pake software kelas dewa apalagi untuk pemula, cukup dengan android saja sudah bisa menghasilkan video dengan kualitas yang lumayan bagus, tergantung kreatifitas masing-masing. Pokoknya yang paling penting ialah hindari reupload video orang lain, kecuali video tersebut berlisensi Creative Common yang memang diijinkan untuk di reupload.

kebetulan sekali bulan depan saya akan merambah dunia youtube terima kasih saran dan artikelnya sangat menarik gan

Iya kang, semoga bermanfaat... :)

membaca ini jadi pingin main youtube lagi, sebelum diblokir sama pak mentri :)

Haha, kok bisa om? Hayoo masalah hak cipta ya..

Kenapa kok susah kali ya menghubungkan ke akun adsense nya trus kenapa di video saya tidak ada simbol dollar nya

Kog di video yg saya upload di youtube saya gak ada simbol dollar ya mohon info

Peraturan baru dari youtube, iklan bisa tayang kalo view sudah 10k, begitu mbak. Jadi tingkatkan view dulu, baru hubungkan dengan adsense. :)

Itu berarti chanel nya belum terhubung ke adsense.

saya udh terhubung ke adsense tapi. view masih rendah :v

Semangat mas, tingkatkan view dengan membuat konten yang berkualitas dan viral. Saya juga lagi berusaha nih, hehe..

Sebelum Komentar, BACA INI DULU...

- Link aktif akan otomatis dimatikan.
- Klik Notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan dari kami.
- Untuk pertanyaan bersifat pribadi atau diluar topik, silahkan kunjungi halaman Contact Us.

Terimakasih atas kunjungannya 🤗
EmoticonEmoticon