Thursday, April 6, 2017

Panduan Lengkap Menjadi Blogger di Android Untuk Pemula

Firman-inside.id - Menjadi seorang blogger memang sudah banyak diminati saat ini, disamping untuk menuangkan hobi menulis, mereka juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dari blog yang mereka kelola. Namun banyak diluar sana yang berkeinginan menjadi blogger tetapi tidak punya komputer, akhirnya mengurungkan niat mereka untuk jadi blogger.

Jadi buat kalian yang berminat untuk jadi blogger tapi tidak punya komputer, berikut saya akan memberikan tips menjadi blogger di android.
Baca juga panduan menjadi Youtuber dengan Android.

Aplikasi Pendukung Blog Melalui Android

Aplikasi berikut ini berguna untuk mempermudah kalian dalam menulis dan posting artikel, mengedit html/tema, dan memantau trafik pengunjung.
  • Note
  • Aplikasi ini bisa kalian unduh di Play Store atau kalian bisa juga menggunakan aplikasi note bawaan smartphone. Aplikasi ini memudahkan kita saat menulis artikel sebelum kita publish di blog kita nanti. Jadi kalian dapat menghemat kuota karena jika kalian langsung menulis artikel di browser, tentu akan menghabiskan banyak kuota. Dan jika artikel kalian bersumber dari media cetak, silahkan baca cara menyalin teks dari media cetak menggunakan android.
  • Mozilla Firefox
  • Dari sekian banyak aplikasi browser yang ada, saya menyarankan untuk menggunakan aplikasi Mozilla Firefox. Karena aplikasi ini mudah digunakan, dan juga fast loading. Kita bisa menggunakan aplikasi ini untuk publish artikel yang sudah kita siapkan pada aplikasi note. Aplikasi ini juga nyaman digunakan saat kita mau edit html atau tema. Kalian bisa unduh aplikasinya secara gratis di Play Store.
  • Hacker's Keyboard
  • Aplikasi ini saya pilih karena memiliki fungsi tombol yang lengkap seperti keyboard pada komputer. Misalnya tombol Ctrl, Alt, Del, Fn, Esc, NumLock, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadi ini akan memudahkan kita saat mengedit template blog html, karena saat mengedit template kita membutuhkan Ctrl+F untuk mencari script kode yang ada didalam template. Kalian bisa unduh aplikasi ini di Play Store secara gratis. Tapi jangan salah, meskipun aplikasi ini bernama Hacker's, namun aplikasi ini tidak memerlukan akses root dalam penggunaannya.
  • PicSay Pro
  • Aplikasi ini berfungsi untuk membuat gambar ilustrasi yang dibutuhkan blog kita. Aksi ini juga bisa menghapus lisensi gambar yang kita unduh di google image dengan cara:
    1. Buat project baru dengan ukuran yang diinginkan.
    2. Klik effect, kemudian insert picture.
    3. Pilih gambar yang mau dihapus lisensinya.
    4. Setelah selesai, klik export lalu simpan hasil gambarnya.
    Aplikasi ini tersedia di Play Store secara berbayar, tapi jangan khawatir kalian bisa mendapatkan aplikasi ini tanpa bayar dengan cara mengunduh melalui aplikasi Aptoide.
  • Google Analytics
  • Aplikasi ini berfungsi untuk memantau trafik pengunjung dari blog yang kita kelola. Jadi kita bisa mengetahui seberapa banyak pengunjung blog kita dan juga artikel mana saja yang sering dikunjungi. Jadi silahkan sambungkan blog kalian dengan Google Analytics supaya lebih mudah dalam memantau trafik blog.

Langkah-langkah Membuat Blog di Situs Blogger Menggunakan Android

Panduan Lengkap Menjadi Blogger di Android Untuk Pemula
Saya disini menggunakan situs blogger karena selain mudah dalam mempelajarinya, situs ini juga merupakan produk dari Google. Berikut cara membuat blog baru menggunakan android.
  1. Siapkan aplikasi-aplikasi pendukung diatas yang sudah disebutkan.
  2. Pastikan kalian sudah memiliki akun Gmail, jika belum punya akun Gmail silahkan baca cara membuat akun Gmail.
  3. Buka aplikasi Mozilla Firefox, lalu ketik di pencarian "Blogger.com".
  4. Selanjutnya buat blog baru kalian disana dengan klik Create Your Blog.
  5. Lalu isi Judul blog, alamat blog, dan pilih tema blog sesuai selera kalian.
  6. Kemudian klik Buat Blog. Sekarang kalian sudah punya blog.
  7. Selanjutnya untuk membuat artikel blog kalian, silahkan tulis artikelnya melalui aplikasi note, setelah dirasa cukup, copy artikel tersebut.
  8. Kemudian buka kembali blog kalian, lalu pada menu pilih Pos, kemudian klik entri baru.
  9. Jangan lupa untuk memasukkan gambar ilustrasi sebagai pendukung artikel tersebut.
  10. Setelah selesai, silahkan pratinjau terlebih dahulu sebelum menerbitkan artikel tersebut. Jika sudah dirasa cukup, silahkan klik tombol publikasi untuk menertibkan artikel kalian.

Sekian tips dari saya, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. Terima kasih.

Artikel Terkait

15 komentar

Ijin coba kang,,kebetulan saya belum punya laptop nih

Adanya smartphone memang memudahkan penggunanya ya mas. Kalau dulu jika pengen belajar blogging harus pakai PC, karena HP nya tidak mendukung. Kalau sekarang mah gampang, dengan hp android 500 an ribu udah bisa blogging. hehe

Makasih infonya mas.. saya sih biasanya di android buat ngetik aja pas ada ide, ntar sampe rumah baru edit2 lagi.. ribet soalnya, hapenya kurang gedeee.. hehehe..

Iya mas, bisa juga seperti itu, jadi idenya gak keburu ilang. Android sekarang sangat membantu mas...

Iya mas, saya aja udah mulai dulu pengen belajar blogging tapi gk ada PC, dengan adanya android sekarang saya bisa blogging tanpa PC.. Android memang luar biasa mas, fungsinya banyak...hehe

Bener juga, saya juga kadang kalau tidak ada PC pakai HP untuk nulis artikel. Kan ada tuh aplikasi kayak Word di HP.
Nah untuk cari sumbernya saya browsing di Google terus tak save page. Ini biar hemat kuota

Setuju mas, save page buat sumber sih boleh mas, tapi asal jangan copas mentah2, hehe :-d

Setuju mas, save page buat sumber sih boleh mas, tapi asal jangan copas mentah2, hehe :-d

Iya trimakasih mas udah berkunjung :)

Kalau saya sendiri selama ini belum pernah ngeblog via ponsel mas. Namun aplikasi blogger dan wordpress ttep saya instal hanya utk melihat traffic blog sya setiap saat.
Semoga dengan artikel mas ini smakin banyak blogger" baru yg blum mmpunyai PC. Dan tentunya smakin bnyak informasi" yg bermanfaat di internet. Jadi inget cerita mas Sugeng Riyadi, yg katanya dlu pertama kali bikin template hanya menggunakan hp nokia jadul, smpai skarang jadi salah satu master nya blogger di Indonesia. Hehe
So, mantaps mas firman panduannya.

Iya mas, kalo saya malah tidak pernah tuh ngeblog via pc, semua artikel saya lahir dari ponsel mas.
Trimakasih ya sudah berkunjung.. :)

kayaknya saya perlu banget ini bahan-bahannya, soalnya bawa lp berattt.. gak memungkinkan untuk selalu bawa saat ada ide menulis :D

Langsung sikat bang, di play store masih ada :)

Sebelum Komentar, BACA INI DULU...

- Link aktif akan otomatis dimatikan.
- Klik Notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan dari kami.
- Untuk pertanyaan bersifat pribadi atau diluar topik, silahkan kunjungi halaman Contact Us.

Terimakasih atas kunjungannya 🤗
EmoticonEmoticon