Monday, March 13, 2017

Tutorial Install Google Apps Melalui TWRP Pada Xiaomi

Tags

Firman-inside.id - Hallo semua, kali ini saya akan berbagi tutorial cara menginstal Google Apps atau biasa disebut GAPPS pada smartphone xiaomi Rom Official China menggunakan custom recovery TWRP. Pada tutorial saya sebelumnya telah dibahas cara menginstal GAPPS melalui Google Installer pada xiaomi, jadi cara berikut ini khusus bagi yang telah terpasang custom recovery TWRP pada Xiaomi kalian. Buat kalian yang mau pasang TWRP, silahkan baca cara mudah memasang custom recovery TWRP pada Smartphone Xiaomi.

GAPPS memang sangat penting keberadaannya pada setiap smartphone, apalagi Google Play Store yang berfungsi mendownload, menginstal, maupun membeli beragam aplikasi Android yang kita butuhkan. GAPPS sudah otomatis terinstal pada Xiaomi Rom Official Global, namun untuk Rom Official China, kita harus menginstal manual baik itu melalui Google Installer maupun TWRP.

Install GAPPS Nano atau Pico, Mana yang lebih baik?

Tutorial Install Google Apps Melalui TWRP Pada Xiaomi
Banyak varian dari Google Apps, diantaranya yaitu Aroma, Super, Stock, Full, Mini, Micro, Nano, dan Pico. Sebenarnya ini sudah sesuai dengan kebutuhan para penggunanya, misalnya untuk varian Pico itu hanya terdapat beberapa fitur aplikasi yang tersedia yaitu Google system Base, Google Bookmark Sync, Google Calendar Sync, Google Play Store, dan Google Play Service. Dan untuk varian Nano sama dengan Pico, hanya saja terdapat fitur Google Search dalam varian Nano ini. Semakin keatas varian GAPPSnya, maka semakin lengkap aplikasi pendukung didalamnya, seperti aplikasi Google Plus, Gmail, Youtube, dll. Jadi jika kita mau download GAPPS tergantung dari kebutuhan kita.

GAPPS yang rilis terbaru ini terdapat pada situs OpenGAPPS, kalian bisa mengunjungi situs OpenGAPPS pada url berikut ini: http://opengapps.org/ silahkan copy url nya kemudian paste di mesin telusur.

Cara Install TWRP Nano atau Pico pada Xiaomi

Saya memilih Nano atau Pico karena ukurannya yang tidak terlalu besar, meskipun aplikasinya tidak selengkap lainnya. Baik, langsung saja saya jelaskan:
  1. Buka situs opengapps.org, kemudian sesuaikan arsitektur processor dan versi android smartphone kalian, kemudian pilih varian yang kalian butuhkan, disini saya pilih yang Pico karena saya hanya butuh Google Play Service dan Google Play Store.
  2. Kemudian klik tombol Download.
  3. Selanjutnya letakkan file hasil download tadi di memori internal, saya sarankan jangan di dalam file supaya lebih mudah nanti mencarinya.
  4. Reboot xiaomi kalian, kemudian masuk ke mode Recovery TWRP.
  5. Pada menu utama Recovery TWRP, pilih Install.
  6. Kemudian pilih file zip GAPPS tadi yang sudah di download tadi.
  7. Lalu swipe/geser untuk mulai menginstal.
  8. Setelah proses install selesai, silahkan reboot ponsel kalian, kemudian kalian bisa lihat di home screen xiaomi kalian dan bisa langsung menggunakan GAPPS dan login dengan akun Google kalian.

Sekian untuk tutorial kali ini, jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

3 komentar

nice info om, ane suka yang pico aja, ngirit heheh

Paling seneng kalau mengunjungi blog nya mas Firman, pasti selalu ada yang baru. Jadi tau tutorial dan tips-tips android hehe

@bebe jozz, iya om ane juga mikirnya gitu, lagipula kalo kita butuh google app yang lainnya, kan bisa di download di play store...

@Rudhi hadhi, makasih mas sudah berkunjung, saya pun hanya berbagi yang sudah saya alami mas.

Sebelum Komentar, BACA INI DULU...

- Link aktif akan otomatis dimatikan.
- Klik Notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan dari kami.
- Untuk pertanyaan bersifat pribadi atau diluar topik, silahkan kunjungi halaman Contact Us.

Terimakasih atas kunjungannya 🤗
EmoticonEmoticon