Friday, March 10, 2017

Menyalin Teks dari Gambar Dengan Smartphone Xiaomi

Firman-inside.id - Hallo semua, kali ini saya akan berbagi tips cara menyalin teks dari gambar atau foto atau media cetak dengan menggunakan smartphone Xiaomi. Disini saya menggunakan aplikasi Scanner yang sudah terinstal otomatis pada masing-masing smartphone xiaomi. Aplikasi ini biasanya terdapat di folder Tools atau Alat pada menu Home Screen.

Saat ini saya menggunakan rom MIUI 8 China Developer, tepatnya versi 7.2.16 pada seri Mi4 LTE 2/16. Saya belum memastikan apakah pada Rom lainnya fitur ini juga ada atau tidak, jadi silahkan kalian cek terlebih dahulu di xiaomi kalian. Jika ternyata tidak ada, silahkan flash ulang rom kalian ke rom China Developer menggunakan beberapa metode dibawah ini:
- Flash rom via mi recovery.
- Flash rom via komputer/laptop (miFlash).
- Flash rom via updater.

Bagaimana Aplikasi Scanner ini Bekerja?

Menyalin Teks dari Gambar Dengan Smartphone Xiaomi
Aplikasi ini bekerja sama halnya aplikasi Text Fairy, yaitu dengan menscan gambar yang ditangkap kemudian menganalisis kata-kata yang ada didalamnya. Baca juga cara menyalin teks dari gambar dengan aplikasi Text Fairy di android.

Aplikasi ini fungsinya mirip dengan mesin scanner pada komputer. Yaitu dengan mengambil data dari media cetak, kemudian diproses sehingga bisa dibaca dengan bahasa komputer. Jadi kita tidak perlu lagi menggunakan mesin scanner kalau hanya untuk menyalin teks dari media cetak. Fitur ini juga bermanfaat bagi pelajar yang ada tugas untuk menyalin pelajaran mereka dari sebuah buku untuk dijadikan file digital.

Dalam aplikasi Scanner ini terdapat beberapa fitur yang sangat bermanfaat, diantaranya yaitu QR Code, fitur ini berfungsi untuk mengetahui informasi dari sebuah barcode atau kode batang dengan cara mengambil gambar dari kode tersebut. Shopping, fitur ini berfungsi untuk mengetahui informasi harga dan spesifikasi dari sebuah produk yang terdapat pada toko online Taobao yang ada di negara China. Translate, fitur ini berfungsi untuk menerjemahkan setiap gambar yang kita ambil sesuai bahasa yang kita inginkan, namun hanya terdapat beberapa bahasa yang bisa mendukung. Study, fitur ini berfungsi untuk memecahkan masalah dalam pelajaran yang diberdayakan oleh Master Learner. Business Card, fitur ini berfungsi untuk membaca kartu bisnis yang diberdayakan oleh CamCard. Document, fitur inilah yang bisa untuk scan dokumen media cetak menjadi digital, terdapat 3 fungsi didalamnya yaitu adjust, untuk meluruskan batas atau memotong dokumen sesuai keinginan kita, grayscale berfungsi untuk menjadikan dokumen yang kita scan menjadi hitam putih, OCR berfungsi untuk membuat dokumen yang kita scan menjadi tulisan digital yang bisa kita edit kembali.

Cara menggunakan fitur OCR pada aplikasi Scanner

Seperti yang dijelaskan diatas, bahwa fitur OCR ini berfungsi untuk mengedit kembali teks pada dokumen yang kita scan. Jadi fitur inilah yang fungsinya sama dengan aplikasi Text Fairy. Oke langsung saja saya jelaskan.
  1. Buka aplikasi Scanner pada Xiaomi kalian.
  2. Kemudian klik bagian Document.
  3. Lalu ambil gambar teks yang mau kalian edit salin tulisannya, jika gambar tersebut tersimpan di galeri, silahkan klik ikon galeri yang ada di pojok kanan atas.
  4. Setelah gambar selesai diambil, klik Adjust untuk merapikan potongan gambar yang mau diproses.
  5. Setelah potongan gambar selesai, klik OCR lalu tunggu prosesnya hingga selesai.
  6. Pilih pengaturan bahasa menjadi English, jika dokumennya menggunakan tulisan latin meskipun bahasa Indonesia.
  7. Setelah selesai, silahkan kalian pilih copy text kemudian paste pada aplikasi WPS Office untuk menyimpan tulisan tersebut dalam bentuk file doc atau docx.
  8. Setelah itu, kalian bisa mengedit atau mencetak ulang teks tersebut.

Selesai, itu dia sedikit tips buat kalian untuk menyalin dan mengedit teks dari media cetak. Semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar, terima kasih.

Artikel Terkait

Sebelum Komentar, BACA INI DULU...

- Link aktif akan otomatis dimatikan.
- Klik Notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan dari kami.
- Untuk pertanyaan bersifat pribadi atau diluar topik, silahkan kunjungi halaman Contact Us.

Terimakasih atas kunjungannya 🤗
EmoticonEmoticon