Thursday, March 2, 2017

Cara Mudah Unlock Bootloader Semua Device Xiaomi Terbaru

Tags

Firman-inside.id - Hai penggemar xiaomi, kali ini Firman akan berbagi tutorial cara unlock bootloader pada smartphone xiaomi semua varian, baik itu mi maupun redmi. Saya yakin kalian yang baca artikel ini pasti ada niat mau modifikasi smartphone xiaomi kalian.

Smartphone xiaomi memang menjadi primadona dikalangan pecinta modifikasi android. Mengapa demikian? Karena Xiaomi ini tergolong smartphone china keluaran baru yang bisa dibilang khusus kalangan menengah kebawah. Sebab dengan harga yang relatif terjangkau, kita sudah bisa memiliki smartphone dengan spesifikasi yang cukup baik bahkan jauh lebih baik dibanding smartphone lain dengan harga yang sama.

Dengan spesifikasi tinggi tersebut, membuat para pecinta modifikasi android semakin leluasa dalam memodifikasi android xiaomi ini. Maka tak jarang jika banyak pengguna xiaomi yang berasal dari kalangan pecinta modifikasi android. Dengan semakin berkembangnya ilmu teknologi, Xiaomi terus mengembangkan inovasinya dalam produksi smartphone kelas menengah kebawah dengan spesifikasi premium namun tetap dengan harga terjangkau. Dan tak lama lagi xiaomi akan mengeluarkan processor buatannya sendiri yang diprediksi akan setara dengan processor Snapdragon 801 dari Qualcomm, tapi kita tunggu saja ya bagaimana pastinya.

Apa Saja Keuntungan dan Kerugian dari Melakukan Unlock Bootloader?

Cara Mudah Unlock Bootloader Semua Device Xiaomi Terbaru

Banyak dari sekian pengguna xiaomi yang melakukan unlock Bootloader hanya untuk mendapat keuntungannya saja tanpa memikirkan kerugian yang ditimbulkan. Smartphone xiaomi yang sudah di unlock itu bagaikan ayam yang baru dikeluarkan dari kandangnya setelah beberapa bulan dikurung, dia bebas mau ngapain saja tapi dia juga rentan terhadap bahaya dari luar. Layaknya ayam tersebut, Xiaomi yang sudah di unlock itu sudah bebas melakukan apa saja diantaranya root, ganti rom, pasang custom recovery (twrp atau cwm), install xposed, module, dan bebas dari rom abal-abal dengan melakukan flash ulang rom. Baca cara menginstall custom recovery TWRP pada Xiaomi.

Namun disamping kebebasan yang didapat dari unlock tersebut, terdapat bahaya yang bisa saja menyerang smartphone xiaomi kita seperti, lebih rentan terserang malware, jadi harus hati-hati kalau mau buka situs di internet pastikan url yang dibuka sehat, dan juga saat install aplikasi yang bukan dari sumber terpercaya. Jadi bagaimana, masih mau unlock bootloader apa tidak? Kalau masih mau lanjut silahkan baca tutorialnya sampai selesai. Tapi ingat ya, DWYOR = Do With Your Own Risk.

Minta Persetujuan Unlock Bootloader Dari Pihak Xiaomi

Iya, sebelum ke tahap unlock, kita harus minta ijin terlebih dahulu untuk bisa melakukan unlock tersebut. Kita diharuskan untuk request dan menunggu jawabannya sekitar 2-10 hari. Kalau Firman sendiri dulu cuma menunggu 2 hari langsung disetujui, tapi ada juga yang sampai berminggu-minggu belum ada respon, maka dari itu ikuti langkah-langkahnya dengan benar. Oke langsung saja kita mulai.
  1. Pastikan kalian sudah punya akun mi yang terdaftar dengan nomor smartphone yang sedang aktif di xiaomi kalian, jadi daftarnya itu bukan melalui email.
  2. Buka situs ini http://en.miui.com/unlock/ *copy link nya kemudian paste di mesin telusur*.
  3. Kemudian klik tombol Unlock Now, dan kalian akan dihubungkan dengan forum MIUI China, kemudian isi dengan nomor ponsel dan password akun mi kalian, setelah itu klik tombol hijaunya, pada halaman selanjutnya isi dengan username masing-masing, terserah yang penting beda dengan yang sudah ada, misalnya firman12345, kemudian klik tombol disampingnya.
  4. Kemudian kalian akan menemui forum MIUI China lagi, skip saja dan masuk ke http://en.miui.com/unlock/ lagi dan klik Unlock Now.
  5. Selanjutnya isi nama, nomor ponsel, dan alasan ingin unlock, misalnya "I will install custom ROM for Redmi Note 3. I like modify Xiaomi device." kemudian centang "I confirm that..." lalu klik Apply Now.
  6. Setelah itu akan mendapatkan kode verifikasi melalui SMS ke nomor yang sudah ditulis tadi, jadi pastikan nomornya masih aktif. Lalu isikan ke kolom yang sudah disediakan, kemudian klik Next. Tapi jika belum mendapat kodenya, silakan klik sent/resend.
  7. Setelah itu silahkan menunggu dari 2 sampai 10 hari. Jika disetujui maka akan mendapat SMS "You've been granted the permission to unlock your device..." atau "Your unlock request has been approved. Go to...". Jadi selamat menunggu ya.
Selama menunggu pastikan tidak sign in sign out atau keluar masuk akun mi kalian dari device yang mau di unlock, karena kalau ketahuan seperti itu kemungkinan permintaan tidak disetujui. Tapi kalau misalnya udah nunggu sampai lebih 12 hari tapi belum ada respon, silakan kunjungi thread berikut dan isi formulirnya http://en.miui.com/thread-202290-1-1.html *copy link nya kemudian paste di mesin telusur*

Proses Unlock Bootloader Xiaomi

Setelah menunggu 2-10 hari, saya anggap sudah dapat SMS persetujuan dari pihak Xiaomi. Saatnya untuk unlock xiaomi kalian.
  1. Pastikan Rom sudah menggunakan MIUI China Developer, sebenarnya bisa menggunakan rom yang lain, tapi alangkah baiknya untuk menghindari kegagalan, ini juga bertujuan agar setelah di unlock akan ada fitur Root Access di menu permission, untuk itu silakan baca tutorial berikut:
    - Flash rom xiaomi via Fastboot
    - Flash rom xiaomi via Updater
    - Flash rom xiaomi via mi Recovery
  2. Login akun mi di device yang mau di unlock, jadi smartphone dalam keadaan login sebelum di unlock, ini wajib ya.
  3. Download Unlock tool di url berikut http://bigota.d.miui.com/miflashunlock/MiFlashUnlock_1.1.0317.1_en.zip *copy link nya kemudian paste di mesin telusur* kalau tidak bisa, kunjungi halaman downloadnya berikut http://en.miui.com/unlock/download_en.html *copy link nya kemudian paste di mesin telusur*.
  4. Kemudian ekstrak di PC kalian yang terkoneksi ke internet.
  5. Buka mi Unlock tool dan login dengan akun mi yang mau di unlock.
  6. Kemudian matikan smartphone kalian dan masuk ke mode Fastboot. Caranya dengan menekan tombol volume down + tombol power secara bersamaan sampai muncul logo fastboot yaitu mi bunny sedang oprek robot android.
  7. Penting: Untuk menghindari terjadinya macet saat berjalan 50% dan muncul tulisan "Couldn't verify device" dan ada tulisan di bawahnya "Current account is different from the account info on the device", sebaiknya sebelum mematikan smartphone aktifkan GPS dan pilih mode High accuracy, dan tunggu 10 menit lalu masuk ke mode fastboot.
  8. Selanjutnya hubungkan smartphonesmartphone dengan PC menggunakan kabel data yang orisinal dan masih sehat, artinya tidak terdapat kerusakan pada kabel data tersebut.
  9. Kemudian lihat di mi Unlock tool jika sudah ada informasi bahwa xiaomi sudah terdeteksi dengan adanya tulisan "phone connected" silakan lanjutkan dengan klik tombol unlock dan proses akan berjalan.
  10. Setelah selesai, silakan klik reboot phone maka smartphone akan otomatis restart.
Setelah itu berarti smartphone xiaomi kalian sudah dalam keadaan unlock bootloader, dan silakan modifikasi xiaomi kalian dan jangan lupa ucapkan Alhamdulillah.

Jika ada pertanyaan mengenai artikel ini, silakan tulis komentar di bawah. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

7 komentar

Betul sih, kalau kita berhasil unlock bootloader maka kita bisa bebas menggunakannya tanpa ada ikatan dari Xiomi. Namun, kalau misalnya hal tersebut terjadi kegagalan, apa kemungkinan yang terjadi ya gan ?
Salam, rudiberbagi.com

Kegagalan sih jarang terjadi gan, paling pas proses unlocknya aja berhenti di 50%, tapi itu bisa dihindari kok dengan mengaktifkan gps terlebih dahulu dan pastikan sudah mndapat sms approved dari xiaominya

Gak jadi om...
Kasian saya ama hape saya, takut kena penyakit diluaran sana...
(belum berani) kalo gagal sulit cari penggantinya... Hiks... :D

Hahaha, gak apa om... Terimakasih sudah berkunjung

Gan kenapa ya pas 99% ada notif current accunt... Saya rom stabil

Aktifkan dulu GPS nya dan set ke high accuracy sebelum masuk fastboot

hhmm mantap thanks gan...
langsung operasi !

Sebelum Komentar, BACA INI DULU...

- Link aktif akan otomatis dimatikan.
- Klik Notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan dari kami.
- Untuk pertanyaan bersifat pribadi atau diluar topik, silahkan kunjungi halaman Contact Us.

Terimakasih atas kunjungannya 🤗
EmoticonEmoticon