Sunday, March 12, 2017

Cara Mudah Pasang Custom Recovery TWRP Xiaomi TANPA PC

Tags

Firman-inside.id - Hallo penggemar xiaomi, pada artikel berikut ini saya akan memberikan cara memasang custom recovery TWRP pada Xiaomi tanpa komputer. Perlu kalian ketahui, tidak semua smartphone xiaomi bisa berhasil menggunakan cara ini. Jadi kemungkinan bisa terjadi bootlop pada Xiaomi kalian, pastikan backup data-data penting kalian sebelum memulai tutorial ini. Tapi jangan khawatir, masalah bootlop bisa diatasi dengan melakukan flash rom menggunakan miFlash Tool, silahkan baca cara flash rom xiaomi via miFlash Tool.

Terdapat beberapa macam custom recovery untuk android diantaranya yaitu CWM dan TWRP. Dan disini saya akan menerapkan custom recovery TWRP pada tutorial kali ini. TWRP adalah singkatan dari Team Win Recovery Project, dimana TWRP ini juga banyak variannya. Jadi kita harus benar-benar selektif dalam memilih custom recovery untuk android kita. Sebenarnya semua custom recovery itu sama fungsinya yaitu untuk memperbaiki smartphone kita saat mengalami masalah, namun bedanya adalah setiap varian itu memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memasang custom recovery

Penting untuk kalian ketahui bahwa dalam memasang custom recovery pada xiaomi ini menyebabkan tidak bisa update rom melalui OTA. Jadi jika kita mau update rom, kita harus terlebih dahulu download full rom di situs resmi MIUI yaitu en.miui.com. Perlu kalian ketahui, ukuran file full rom ini sekitar 1000-1500 MB atau 1-1,5 GB baik itu Global maupun China. Setelah itu kita bisa update rom kita melalui TWRP.

Cara Mudah Pasang Custom Recovery TWRP Xiaomi TANPA PC
Keuntungan yang bisa kita dapat dari memasang custom recovery ini diantaranya yaitu dapat backup rom terakhir yang saat ini digunakan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti softbrick dll, backup data ponsel seperti IMEI, boot, data, dan lain-lain, kemudian bisa root tanpa menggunakan komputer ataupun aplikasi root lainnya, install mod lewat TWRP jadi lebih mudah.

Sebelum menginstal TWRP ini, diperlukan unlock bootloader dan root akses pada xiaomi kalian. Silakan baca tutorial berikut ini.
- Tutorial unlock bootloader Xiaomi.
- Cara mengaktifkan fitur Root Access pada Xiaomi.

Cara mudah menginstal TWRP pada Xiaomi menggunakan aplikasi FLASHIFY

Iya, disini saya menggunakan aplikasi Flashify yang bisa kalian download gratis di Play Store. Untuk file TWRP nya silahkan kalian download di situs resmi Team Win Recovery Project untuk mendapatkan versi terbaru dari TWRP ini. Caranya sebagai berikut:
  1. Copy dan paste url berikut di penelusuran untuk mendownload file TWRP, https://twrp.me/Devices/
    Kemudian pilih nama device kalian, misalnya untuk Xiaomi Redmi 3 silahkan pilih dengan nama Xiaomi Redmi 3 (ido). Jangan sampai salah pilih ya.
  2. Kemudian klik Primary (Recomended) atau kalau misalnya error bisa pilih yang Primary (Backup).
  3. Kemudian klik pada twrp-x.x.x.x-ido.img ini merupakan nama file dengan versi dari TWRP tersebut, lalu lanjutkan dengan klik download twrp-x.x.x.x-ido.img.
  4. Kemudian tunggu hingga proses download selesai, lalu simpan hasil download tadi di memori internal.
  5. Selanjutnya install aplikasi Flashify yang ada di Play Store.
  6. Buka aplikasi Flashify yang sudah di install tadi, kemudian beri akses root pada aplikasinya melalui Super SU atau bisa di menu root access yang ada di permission untuk yang menggunakan rom China Developer.
  7. Lalu buka kembali aplikasi Flashify, kemudian pilih Recovery image, Choose a file, kemudian cari file twrp-x.x.x.x-ido.img tadi yang sudah di download tadi, lalu klik Yup!, kemudian reboot now.

Setelah itu, silahkan cek dengan masuk ke mode recovery dengan mematikan ponsel kalian, kemudian tekan tombol power bersamaan dengan tombol volume up. Jika berhasil maka akan tampil menu recovery TWRP.

Untuk lebih jelasnya silahkan tonton video berikut ini:


Sekian untuk tutorial cara menginstal recovery TWRP pada Xiaomi tanpa komputer, jika ada pertanyaan mengenai tutorial ini, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

2 komentar

cara itu bikin bootloop om.. kasih saran buat backup

Sudah gan, trimakasih ya atas masukannya :)

Sebelum Komentar, BACA INI DULU...

- Link aktif akan otomatis dimatikan.
- Klik Notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan dari kami.
- Untuk pertanyaan bersifat pribadi atau diluar topik, silahkan kunjungi halaman Contact Us.

Terimakasih atas kunjungannya 🤗
EmoticonEmoticon