Saturday, February 25, 2017

Cara Mengubah Background Video Pada Android Via KINEMASTER

Firman-inside.id - Hai semua, kali ini Firman akan memberikan tutorial mengubah background video pada android menggunakan aplikasi Kinemaster. Sudah pada tau kan apa itu kinemaster? Iya, aplikasi ini merupakan aplikasi yang berfungsi untuk membuat dan mengedit video melalui android, jadi buat kita yang mau edit video tapi gak punya PC jangan sedih lagi, karena dengan aplikasi ini kita sudah bisa mengedit video dengan android kita dan hasilnya pun cukup memuaskan.

Mengganti background video pada android menggunakan kinemaster

Fitur-fitur yang dimiliki aplikasi kinemaster ini bisa dibilang cukup lengkap sesuai kebutuhan kita. Dan yang tidak kalah menariknya, di aplikasi Kinemaster ini kita bisa mengubah background video sesuai dengan yang kita inginkan layaknya aplikasi Adobe Premier Pro di PC, hebat gak tuh. Dengan bermodalkan sebuah android kita bisa membuat dan mengedit video tanpa PC lagi.

Fitur-fitur Aplikasi Kinemaster

Aplikasi ini sangat cocok buat kita yang sudah terbiasa menggunakan Adobe Premier Pro di PC, karena disini kita dapat mengedit video menggunakan layer. Dimana setiap layer tersebut dapat disisipkan video, gambar, stiker, teks, audio, dan hand writing. Efek-efeknya pun juga banyak seperti efek in animation, overall animation, out animation, chroma key, alpha (opacity), color filter, color adjustment, rotate/mirroring, volume envelope, dan audio filter. Cukup menarik bukan. Apalagi kalo kita suka upload video di youtube, pasti bisa maksimal hasilnya.
Baca juga: Cara mendapatkan akses VIP di Smule.

Disamping banyaknya fitur istimewa yang dimiliki aplikasi ini, juga terdapat kekurangan yang ada pada aplikasi tersebut yaitu masih terdapat watermark yang bertuliskan Made with KINEMASTER yang tidak bisa dihapus kecuali kita mau membayar untuk mendapatkan versi PRO dari aplikasi tersebut. Sebenarnya sih ini bukan kekurangan kalo menurut saya, tapi sebuah trik dagang yang dibuat oleh vendornya untuk meraup keuntungan lebih.

Menurut saya sebanding dengan begitu banyaknya fitur yang bisa kita akses pada aplikasi ini untuk membuat sebuah hasil video yang cukup memuaskan. Tapi buat kalian yang tidak mau membayar untuk menghapus watermark tersebut, silakan baca artikel Firman tentang cara menghapus watermark pada kinemaster (Root dan No Root).

Cara Mengubah Background Video dengan KINEMASTER

Oke langsung saja persiapkan semua keperluannya yaitu Smartphone Android, aplikasi Kinemaster (bisa didownload di Play Store atau kunjungi link diatas untuk mendapat aplikasi yang tanpa watermark), dan video yang mau diedit.
  1. Buka aplikasi Kinemaster nya.
  2. Kemudian buat proyek baru dengan klik Empty Project.
  3. Lalu klik media browser kemudian pilih video yang akan dijadikan background pengganti.
  4. Setelah selesai dipilih, silakan klik layer kemudian klik video, lalu pilih video yang mau diubah background nya, Ingat: videonya harus berlatar belakang green screen atau warna lainnya yang penting harus polos dan kontras dengan objeknya.
  5. Setelah videonya dipilih, klik atau aktifkan layer video yang mau diganti background nya, kemudian pada menu efek pilih chroma key, lalu aktifkan fitur chroma key tersebut.
  6. Kemudian atur warna background video kalian, pilih lah warna yang paling tepat dan atur tingkat transparannya sedetail mungkin sehingga warna background nya tidak terlihat secara sempurna.
  7. Oke, setelah semua selesai dan video sudah siap untuk disimpan maka jangan lupa ucapkanlah Alhamdulillah, jika belum berhasil silakan ulangi lagi dan usahakan menggunakan warna background yang polos dan kontras dengan objeknya.

Oke itu dia sedikit tutorial tentang cara mengganti background video pada android via kinemaster, jika ada pertanyaan mengenai tutorial ini silakan tulis pertanyaannya di kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Artikel Terkait

13 komentar

Dilangkah 4, saya tidak menemukan icon video. Adayanya image doang.

Coba mas titto gunakan aplikasi yang saya sediakan pada artikel saya yang berjudul "cara menghapus watermark pada kinemaster ROOT dan NO ROOT"
semoga membantu :)

Halo mas firman, info nya sangat membantu sekali, tapi mau tanya nih, kenapa ya setelah di save hasil video nya tidak sesuai dengan previewnya, jadi hasil yang didapet video jadi gepeng gitu ya mas, sudah berulang kali dicoba seting dan segala macem tetep hasilnya tidak sesuai dengan previewnya, mohon bantuannya, terimakasih :D

Coba mas Herfinaldo atur lagi settingannya menjadi default, lalu coba. Kalau misalnya masih belum ada perubahan, coba edit video lain mungkin ada masalah pada videonya. Kalau misalnya semua video yang diedit hasilnya sama2 gepeng, coba reinstal aplikasinya. Semoga membantu :)

Halo mas firman saya mau tanya kenapa kok setiap saya mau masukin video green screen videonya gk muncul yang muncul cuma kotak transparan terus coba saya play videonya gk bisa jalan. Mohon bantuannya ya mas ☺

Pastikan pengaturan alpha (opacity) ada di 100 ya, kalau misalnya masih transparan, coba pakai video lain. Semoga membantu :)

Pastikan pengaturan alpha (opacity) ada di 100 ya, kalau misalnya masih transparan, coba pakai video lain. Semoga membantu :)

Bg.. Tdi saya edit.. Background screen saya warna putih.. Tpi pas mau di chroma .. Gambar video layer saya jdi kabur.. Itu gimana y bg..

Usahakan background warna hijau mas, atau nggak harus kontras antara bg sama objek nya biar saat chroma bisa lebih mudah hilang bg nya.

Tapi kok saya cuman bisa layernya gambaf doank ngak bisa video

Sebagian device memang belum support untuk layer video gan, jadi hanya terbatas di layer gambar saja.

Sebelum Komentar, BACA INI DULU...

- Link aktif akan otomatis dimatikan.
- Klik Notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan dari kami.
- Untuk pertanyaan bersifat pribadi atau diluar topik, silahkan kunjungi halaman Contact Us.

Terimakasih atas kunjungannya 🤗
EmoticonEmoticon