Thursday, February 23, 2017

Cara Install Play Store dan Google Apps Pada Xiaomi Rom China

Tags

Firman-inside.id - Artikel kali ini Firman akan bahas tentang cara menginstal Aplikasi Play Store pada xiaomi yang menggunakan rom china, baik itu China Stable maupun China Developer. Xiaomi memang terkenal sebagai smartphone yang memiliki spesifikasi hardware maupun software yang sangar dengan harga terjangkau dibandingkan dengan smartphone china lainnya. Tak heran jika banyak penggemar Xiaomi yang berasal dari Indonesia, namun tak sedikit pula yang beranggapan bahwa xiaomi ini merupakan smartphone murahan dan belum terkenal. Pada tutorial ini saya menggunakan Google Installer untuk menginstall Google Play Store dan Google Apps, baca juga cara install GAPPS menggunakan TWRP.

Rom china memang banyak digunakan oleh mi user karena beberapa kelebihan yang disediakannya, diantaranya yaitu bisa akses jaringan 4G. Karena untuk Xiaomi yang menggunakan rom Global memang tidak dapat mengakses jaringan 4G kecuali untuk device xiaomi yang sudah resmi beredar di Indonesia.
Baca juga: Cara flash rom xiaomi via mi recovery tanpa PC

Namun Rom China juga memiliki beberapa kekurangan yaitu tidak dapat mengakses Google Play Store dan juga Google Apps lainnya, ini dikarenakan di negara asalnya yaitu Tiongkok memang tidak diperbolehkan untuk mengakses produk Google apapun.

Bagaimana Supaya Rom China Dapat Mengakses Produk Google?

Cara Install Play Store dan Google Apps Pada Xiaomi Rom China
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa Rom China memang khusus dibuat untuk orang-orang yang bertempat tinggal di Negara China saja. Maka dari itu untuk kita orang-orang yang tinggal di Indonesia yang ingin merasakan fitur-fitur istimewa yang disediakan di Rom China, tidak bisa dipungkiri kalau kita sangat membutuhkan produk-produk dari Google seperti Play Store dan GAPPS. Karena pada Rom China tersebut tidak disediakan aplikasi Play Store, maka otomatis kita tidak bisa install aplikasi-aplikasi lain yang kita butuhkan.

Selain bisa mengakses jaringan 4G, Rom China ini juga memiliki kelebihan lain yaitu, mendapatkan lebih banyak pilihan tema dibandingkan dengan Rom Global, bagi sebagian pengguna xiaomi mereka justru lebih memilih Rom China Developer dibandingkan China Stable karena pada Rom China developer kita bisa mengaktifkan fitur Root Access tanpa harus melakukan Rooting, tentu ini menjadi fitur istimewa bagi sebagian pengguna xiaomi.

Berikut Cara Install Aplikasi Google Play Store dan GAPPS

Oke langsung saja kita mulai tutorialnya, sebelumnya siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya yaitu Xiaomi Rom China dan koneksi internet.
  1. Buka aplikasi App Store yang ada di Xiaomi kalian.
  2. Kemudian ketik di kotak pencarian dengan keyword "Google", kemudian cari.
  3. Kemudian klik cap kaki anjing bertuliskan "du".
  4. Selanjutnya klik install pada aplikasi Google Installer. Lihat gambar dibawah ini.
    Cara Install Play Store dan Google Apps Pada Xiaomi Rom China
  5. Tunggu proses instalasi sampai selesai, kemudian buka aplikasi tersebut.
  6. Selanjutnya klik tombol besar berwarna biru yang ada di tengah, proses instalasi akan berjalan dan tombolnya akan berubah menjadi kuning.
  7. Kemudian akan muncul dialog, klik oke saja. Jika tidak muncul dialog dan proses tidak berjalan, silakan klik notifikasi dari aplikasi "downloads" yang ada di atas layar kemudian klik download lalu install. Lakukan langkah ini hingga semua aplikasinya terinstal.
  8. Selesai, kini Xiaomi China kalian sudah terinstall Play Store, Google Play Service, Google Calendar Sync, dan Google Services Framework.
  9. Setelah aplikasi Play Store terinstall, kalian bisa langsung install Google Apps dan aplikasi lainnya yang kalian inginkan.

Supaya tidak terjadi error dan force close saat buka aplikasinya, silakan kalian buka aplikasi Security, lalu pilih Permissions, kemudian klik Autostart, selanjutnya aktifkan pada aplikasi Google Play Store, Google Play Service, dan Google Services Framework.

Sekian untuk tutorial kali ini, semoga bermanfaat buat kalian mi user yang ingin install Play Store di Rom China kalian.
Jika ada pertanyaan mengenai artikel ini, silakan tulis di kolom komentar dibawah ini, Terima kasih.

Artikel Terkait

8 komentar

Oke mas sama-sama, makasih ya kunjungannya..

mau tanya.... bagaimana cara install Gapps package ( pico atau nano) via twrp...

Coba baca artikel saya berikut ini mas
http://www.firman-inside.id/2017/03/tutorial-install-google-apps-melalui.html

mas saya baru beli mi6 sdh ikutin smua tapi masi gak bisa
apa kr rom nya Stable pengaruh gak bisa donlod gapps
mohon batunanya
makasi

Gak bisanya pas bagian mana mas, bisa kasi penjelasan yg lebih spesifik gak?
Coba mas rmjibran install gapps nya lewat package via twrp, semoga membantu 😀

Wah sangat jelas penjelasan nya kang Firman.... Secara pribadi sih saya lebih suka rom global stable walaupun harus melakukan sedikit usaha hihi

Ribetnya kalau memakai rom china harus install gapps artikel nya sangat bermanfaat sekali

Kalo itu relatif gan, tergantung selera masing-masing, hehe

Sebelum Komentar, BACA INI DULU...

- Link aktif akan otomatis dimatikan.
- Klik Notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan dari kami.
- Untuk pertanyaan bersifat pribadi atau diluar topik, silahkan kunjungi halaman Contact Us.

Terimakasih atas kunjungannya 🤗
EmoticonEmoticon