Tuesday, January 3, 2017

Soal Ujian Sertifikasi Keagenan AAJI terbaru

Buat kalian yang mau mengikuti ujian sertifikasi untuk mendapatkan ijin menjadi agen asuransi dari aaji, berikut Firman akan memberikan kisi-kisi soal yang disertai dengan jawabannya.

Kisi-kisi soal ujian sertifikasi keagenan AAJI

Soal Ujian Sertifikasi Keagenan AAJI terbaru

Kisi-Kisi soal ujian AAJI berikut berlaku untuk mengikuti tes Sertifikasi AAJI untuk semua perusahaan Asuransi yang ada di Indonesia seperti, PRUDENTIAL, MANULIFE, BUMI PUTRA, AIA, ALLIANZ, AXA, dan lain-lain. Soal ini terdiri dari 80 soal.

UNIT LINK EXAMINATION ASOSIASI ASURANSI JIWA INDONESIA


PETUNJUK: Pilihlah salah satu dari pilihan jawaban yang menurut anda paling tepat

1. Manakah pernyataan mengenai asuransi jiwa yang benar?
(1) Polis Asuransi Jiwa adalah perjanjian antara tertanggung dengan ahli waris
(2) Polis Asuransi Jiwa adalah perjanjian antara perusahaan asuransi dengan pihak yang menggunakan asuransi
(3) Polis Asuransi Jiwa adalah perjanjian antara penanggung dan tertanggung
A. Hanya nomor 1 yang benar
B. Nomor 1 dan 2 yang benar
C. Nomor 2 dan 3 yang benar 
D. Nomor 1, 2 dan 3 benar

2. Dalam asuransi jiwa, keahlian seorang dokter adalah:
A. Aset yang unreliable
B. Aset nyata/tangible
C. Aset tidak berwujud/intangible
D. Aset tak berisiko

3. Kebakaran, banjir, gempa bumi, longsor, sakit, wabah penyakit, kematian merupakan contoh musibah yang akan menimbulkan:
A. Penurunan aset
B. Kenaikan aset
C. Tidak berpengaruh
D. Menambah jumlah penyakit

4. Law of Large Numbers diterapkan untuk:
A. Memprediksi jumlah premi berdasarkan nilai aset
B. Memprediksi jumlah kerugian yang dapat terjadi untuk menentukan jumlah premi
C. Menentukan jumlah nasabah minimum untuk membuka polis
D. Menentukan jumlah kerugian yang dapat terjadi terhadap sebuah polis

5. Sebuah risiko dapat diasuransikan apabila mengikuti prinsip-prinsip di bawah ini, KECUALI:
A. Nasabah tidak memiliki nilai ekonomis
B. Memungkinkan perusahaan menghitung kerugian secara finansial
C. Terdapat beberapa jenis risiko yang sama
D. Risiko yang ditanggung memiliki kepentingan asuransi (insurable interest)

6. Risiko yang mana ditanggung asuransi jiwa?
(1) Cacat
(2) Sakit
(3) Pendapatan setelah pensiun
A. Nomor 1 dan 2 yang benar
B. Nomor 1 dan 3 yang benar
C. Nomor 2 dan 3 yang benar
D. Nomor 1,2 dan 3 benar

7. Polis Asuransi Umum (General Insurance) biasanya terbitkan:
A. Untuk sementara
B. Untuk jangka waktu pendek
C. Untuk jangka waktu panjang
D. Untuk jangka waktu pendek dan jangka waktu panjang

8. Berikut adalah pernyataan yang paling tepat tentang jangka waktu polis asuransi jiwa:
A. Perlindungan dari 1 (satu tahun) sampai kurang dari 10 tahun
B. Perlindungan kurang dari 1 (satu tahun)
C. Polis diterbitkan untuk jangka waktu lama  beberapa tahun  atau seumur hidup
D. Perlindungan lebih dari 3 tahun

9. Apa yang akan terjadi jika seorang tertanggung meninggal secara mendadak?
A. Kontrak perjanjian secara otomatis diperpanjang
B. Pihak keluarga akan mendapatkan sejumlah dana yang dijanjikan sesuai kontrak asuransi jiwa
C. Kontrak perjanjian secara otomatis dibatalkan
D. Pihak keluarga hanya mendapat sejumlah dana yang dibayarkan sebanyak yang disetor ke perusahaan asuransi

10. Asuransi jiwa individu adalah produk finansial yang cocok dimiliki oleh nasabah, karena berguna untuk:
A. Mendapatkan keuntungan yang maksimal
B. Menjamin hari tua
C. Menghadapi risiko meninggal dunia
D. Investasi yang aman




11. Keuntungan lain dari asuransi jiwa tradisional adalah:
A. Satu-satunya investasi yang cocok untuk jangka pendek dan panjang
B. Paling likuid dibandingkan instrumen lainnya
C. Paling aman dibandingkan investasi lalinnya
D. Membantu gaya hidup hemat

12. Diantara pernyataan berikut yang TIDAK menggambarkan Asuransi Jiwa dan Kesejahteraan Masyarakat adalah:
A. Asuransi Jiwa sebagai sumber keuangan
B. Asuransi Jiwa sebagai tabungan
C. Asuransi Jiwa sebagai proteksi negara
D. Asuransi Jiwa membuka banyak lowongan kerja

13. Berikut menggambarkan manfaat asuransi jiwa bagi masyarakat, KECUALI:
A. Asuransi Jiwa dan stabilitas masyarakat
B. Asuransi Jiwa sebagai sumber keuangan
C. Asuransi Jiwa sebagai lembaga sosial
D. Asuransi Jiwa dan lowongan pekerjaan

14. Asuransi jiwa merupakan bisnis yang mengkombinasikan banyak keahlian, hal ini termasuk dalam manfaat Asuransi Jiwa sebagai:
A. Asuransi Jiwa sebagai pengganti program jaring pengamanan sosial pemerintah
B. Asuransi Jiwa sebuah sumber keuangan
C. Asuransi Jiwa dan stabilitas masyarakat
D. Asuransi Jiwa dan lowongan pekerjaan

15. Ciri khas Asuransi Jiwa Berjangka Menurun:
(1) Proteksi menurun
(2) Cocok untuk proteksi kredit
(3) Cocok untuk proteksi biaya pendidikan
A. Pernyataan 1 dan 2 benar 
B. Pernyataan 1 dan 3 benar
C. Pernyataan 2 dan 3 benar
D. Semua pernyataan benar

16. Biasanya produk asuransi jiwa pendidikan adalah dari:
A. Asuransi jiwa berjangka
B. Asuransi jiwa sumur hidup
C. Asuransi jiwa dwiguna
D. Asuransi jiwa berjangka menurun

17. Polis Asuransi Jiwa Berjangka adalah:
A. Polis dengan biaya rendah tanpa nilai tunai
B. Polis tanpa biaya dengan nilai tunai yang tinggi
C. Polis dengan harga premi yang tinggi
D. Polis yang memiliki nilai tunai

18. Manakah pernyataan dibawah ini yang benar mengenai Polis Asuransi Jiwa Berjangka Tetap?
A. Biasanya digunakan untuk melunasi saldo pinjaman yang disebabkan kematian
B. Memberikan pendapatan bulanan kepada pasangan hidup yang ditinggalkan
C. Polis asuransi jiwa yang paling sederhana
D. Memberikan kebebasan pembayaran premi kepada anak ketika orang tuanya meninggal dunia

19. Jika seorang kepala keluarga menginginkan pendapatan bulanan kepada pasangan hidup/ahli waris yang ditinggalkan, maka yang bersangkutan harus membeli asuransi jiwa dengan:
A. Polis berjangka tetap
B. Polis berjangka renewalibility
C. Polis kerugian
D. Polis pendapatan keluarga

20. Ada dua jenis pembayaran premi pada polis asuransi jiwa berjangka seumur hidup, yaitu straight life policy dan limited payment whole life policy.   Jika seseorang memilih metode limited payment whole life policy, maka kondisi yang berkaitan adalah:
A. Semakin pendek masa pembayaran, maka premi yang dibayar semakin murah
B. Semakin pendek masa pembayaran, maka premi yang dibayar semakin mahal
C. Semakin panjang masa pembayaran, maka premi yang dibayar semakin mahal
D. Sama saja tergantung besarnya premi yang dibayar




21. Pada polis partisipasi, dividen digunakan untuk menambah jumlah klaim/uang pertanggungan yang dibayarkan pada saat kematian.  Hal ini dalam polis berjangka seumur hidup termasuk kedalam fitur:
A. Sum Assured
B. Gross Premium
C. Cash Value 
D. Amount Payable

22. Modified Endowment Policy menjanjikan manfaat:
A. Lumpsum pada saat tertanggung meninggal/akhir kontrak jika tertanggung masih hidup
B. Hanya pembayaran total/lumpsum pada saat tertanggung meninggal
C. Jika penanggung masih hidup pada akhir masa polis
D. Pembayaran berkala saja

23. Polis dwiguna memiliki beberapa fitur, diantaranya adalah:
(1) Pinjaman (loan option)
(2) Periode perlindungan (protection period)
(3) Pindah ke polis lain (switch over option)
(4) Pembatalan polis (cancellation dwiguna)
A. Pernyataan 1, 3 benar
B. Pernyataan 2, 4 benar
C. Pernyataan 1,2,3 salah
D. Benar semua

24. Bila polis utama batal:
A. Rider menjadi suatu pilihan
B. Rider otomatis berhenti
C. Rider dapat dilanjutkan
D. Rider dapat diakumulasikan

25. Perusahaan asuransi jiwa membayarkan sejumlah uang kepada pemegang polis sesuai dengan kontrak dalam polisnya akibat perawatan di rumah sakit, baik karena suatu penyakit maupun kecelakaan.  Manfaat ini dari rider:
A. Cacat permanen (permanent disability rider)
B. Manfaat tambahan bebas premi (waiver of premium)
C. Tunjangan rumah sakit (hospitalization benefit) 
D. Manfaat tambahan anak (children benefit)

26. Biaya, dalam perhitungan premi, adalah:
A. Nilai mata uang
B. Premi pokok pada asuransi
C. Jumlah kerugian akibat dari kemungkinan timbulnya musibah dari pihak tertanggung
D. Pengeluaran untuk kantor, pajak, keuntungan dan biaya lainnya

27. Penetapan premi melibatkan hal-hal berikut:
(1) Biaya
(2) Tabel mortalitas
(3) Tingkat suku bunga
A. Hanya 1 dan 3 yang benar
B. Hanya 2 dan 3 yang benar
C. Faktor 1, 2 ,3 benar
D. Hanya 1 dan 2 yang benar

28. Berikut adalah salah satu faktor yang menjadi penentu besarnya premi:
A. Tingkat kelahiran pada tiap negara
B. Pendapatan perusahaan
C. Manfaat yang diperoleh
D. Semua benar

29. Manakah pernyataan yang benar berikut ini mengenai metode seleksi?
(1) Metode penilaian tergantung pada penilaian seseorang, sebuah ombudsman
(2) Sistem rating angka (numerical rating system) berguna ketika terdapat banyak faktor yang dipertimbangkan
(3) Kurang dari 100% dapat mewakili risiko substandard
A. Hanya nomor 1 yang benar
B. Hanya nomor 2 yang benar
C. Nomor 1 dan 3 benar
D. Nomor 2 dan 3 benar

30. Apa definisi underwriting?
A. Penyeleksi dari risiko jiwa 
B. Menentukan masalah medis dan non medis
C. Proses dimana perusahaan asuransi memutuskan untuk menerbitkan polis
D. Proses untuk menentukan premi

31. Alternatif apa yang dapat Anda sampaikan jika ada seorang nasabah yang ingin membatalkan polisnya karena mendadak memerlukan biaya?
A. Mengusahakan pinjaman pribadi Anda untuknya
B. Menawarkan nasabah pinjaman polis
C. Menutup polisnya tanpa tanya, takut menyinggung hatinya
D. Melaporkannya ke departemen legal

32. Mengapa agen asuransi perlu memahami isi dokumen polis:
A. Mencerminkan integritas profesi Anda sebagai agen
B. Menjaga citra perusahaan yang diwakili
C. Agar mampu menerangkan dengan baik kepada calon nasabah
D. Semua jawaban benar

33. Klausul Kontrak Keseluruhan adalah:
A. Kontrak terdiri dari polis saja
B. Kontrak terdiri dari proposal/application
C. Perusahaan dapat mengubah isi kontrak
D. Kontrak terdiri dari polis dan salinan proposal/application

34. Kontrak yang berisi ketentuan-ketentuan hak dan kewajiban dari pihak-pihak yang terlibat dalam kontrak agar mempunyai aturan yang jelas disebut:
A. Klausul
B. Kontrak
C. Provisi
D. Premi

35. Ketentuan provisi untuk melindungi pemegang polis diantaranya adalah:
A. Klausul masa tenggang (grace period)
B. Free look period
C. Provisi yang dapat diperbarui (renewal provision)
D. Semua benar

36. Pada saat apa ahli waris menerima uang yang dijanjikan polis?
A. Ketika tertanggung meninggal dunia
B. Jika tertanggung masih hidup saat polis berakhir
C. Ketika penanggung dan tertanggung meninggal
D. Jika semua tertanggung masih hidup pada saat polis berakhir

37. Pilihan deviden tersedia bagi:
A. Bank
B. Ahli waris
C. Tertanggung
D. Penanggung

38. Adanya provisi berfungsi untuk melindungi perusahaan dan tertanggung.  Klausul yang paling tepat untuk pernyataan ini adalah:
A. Klausul tindakan bunuh diri
B. Klausul penundaan
C. Klausul pengecualian
D. Semua benar

39. Klausul pengecualian terdiri atas:
A. Pengecualian terhadap perubahan regulasi
B. Pengecualian terhadap penerbangan
C. Pengecualian terjadinya perang
D. Jawaban b dan c benar 

40. Provisi dan ketentuan-ketentuan untuk melindungi perusahaan umumnya tercantum dalam:
A. Kwitansi
B. Polis (kontrak asuransi jiwa) 
C. Surat permohonan asuransi
D. Semua salah

41. Apakah yang dimaksud dengan kontrak?
A. Perjanjian secara lisan
B. Pernyataan permohonan asuransi jiwa
C. Perjanjian mengikat yang legal
D. Perjanjian mengikat yang tidak legal

42. Kontrak asuransi jiwa secara otomatis berlaku jika:
A. Calon pemegang polis sudah menandatangani Surat Permintaan Asuransi
B. Calon pemegang polis sudah membayar Premi Pertama
C. Uang Premi sudah diserahkan konsultan pada perusahaan
D. Surat Permintaan Asuransi Jiwa sudah disetujui oleh Perusahaan Asuransi dan polisnya terbit

43. Seorang calon pemegang polis ingin mempertanggungkan tetangganya karena tetangganya sangat miskin:
A. Perusahaan Asuransi Jiwa menyetujui pertanggungan tersebut karena bersifat sosial
B. Perusahaan Asuransi Jiwa tidak mempermasalahkan asalkan premi dibayar
C. Agen akan semakin banyak mencari prospek seperti di atas
D. Permohonan Calon Pemilik Polis pasti ditolak perusahaan karena bukan hubungan saudara

44. Yang BUKAN merupakan dasar-dasar kontrak asuransi jiwa adalah:
A. Valued
B. Unilateral
C. Bilateral
D. Aleatory

45. Kontrak asuransi jiwa tidak dapat dipindahkan ke orang lain, dalam dasar-dasar kontrak asuransi jiwa, hal ini disebut dengan:
A. Unilateral
B. Aleatory
C. Personal
D. Conditional

46. Pihak penanggung dan tertanggung sama-sama menerapkan niat baik, hal ini disebut:
A. Insurable interest
B. Unilateral
C. Aleatory
D. Utmost good faith

47. Apa arti dari investasi?
A. Membeli property
B. Menabung di bank
C. Membeli barang dan menjualnya lagi dengan lebih mahal
D. Menanamkan dana dalam jumlah tertentu dan dalam jangka waktu tertentu dengan harapan keuntungan di masa depan

48. Apa yang dimaksud dengan investasi?
A. Menanamkan uang atau modal
B. Mencari keuntungan
C. Menempatkan uang pada sebuah bank
D. Menyimpan uang

49. Bila Anda membeli sebuah perhiasan emas untuk tujuan investasi.  Maka hal itu memiliki tingkat likuiditas yang:
A. Likuiditas rendah
B. Likuiditas sedang
C. Likuiditas menengah
D. Likuiditas tinggi

50. Deposito Bank dari sebuah perusahaan asuransi dapat ditarik:
A. Pada saat jatuh tempo
B. Pada saat penjualan deposito
C. Pada saat pemiliknya meninggal
D. Pada saat pembukaan deposito baru



51. Saham merupakan salah satu pilihan investasi, sedangkan pengertian saham itu sendiri adalah:
A. Bukti kepemilikan atas aset riil pada suatu perusahaan
B. Kupon bunga yang dapat diuangkan setiap saat
C. Sejenis dengan deposito berjangka yang bunganya dapat diambil
D. Pada saat jatuh tempo maka tidak berhak mendapatkan dividen

52. Dalam investasi dikenal suatu prinsip High Risk  High Return.  Saham adalah termasuk dalam kategori:
A. High risk, low return
B. Low risk, high return
C. Low risk, low return
D. High risk, high return

53. Berdasarkan jangka waktunya, investasi dapat dibagi menjadi investasi jangka panjang dan jangka pendek.  Instrumen yang cocok untuk dana pensiun atau hari tua adalah:
A. Deposito
B. Valuta asing
C. Obligasi
D. Saham

54. Pengaruh faktor ekonomi dalam investasi meliputi:
A. Pendidikan, bahasa
B. Perang, invasi
C. Inflasi, bunga
D. Agama, suku

55. Kelemahan dana tunai adalah:
A. Risiko inflasi dan hasil investasi kecil
B. Umumnya mengacu pada obligasi pemerintah dan perusahaan
C. Jenis ini nasabah berisiko kehilangan dana jika investasinya jangka panjang
D. Keuntungan didapat dari kupon

56. Investor yang bersedia menambahkan dananya kedalam investasi yang seimbang dengan risiko dan bersedia menanggung risiko sedikit lebih besar untuk memperoleh laba yang besar disebut kelompok:
A. Spekulatif/high risk taker
B. Konservatif/low risk taker
C. Neutral/medium risk taker
D. Jawaban a dan b  benar

57. Dana investasi yang ideal bagi pemegang polis untuk mengumpulkan laba yang lebih banyak sekaligus bersedia menanggung risiko:
A. Dana investai pengembalian rendah
B. Dana investasi pengembalian sedang
C. Dana investasi pengembalian tinggi
D. Jawaban a, b dan c benar

58. Berapa besar biaya mortalitas bulanan Polis Unit Link Reguler Premium yang mempunyai 2.485 unit jika: Offer Price Rp 420, Bid Offer selisih 5% selamanya.  Uang Pertanggungan = Nilai Unit atau Rp 150 juta, mana yang lebih tinggi.  Biaya tahunan perlindungan asuransi Rp 7,5/1000 Uang Pertanggungan.  Biaya mortalitas bulanan = 1/12 dari biaya tahunan perlindungan asuransi.
A. Rp. 93.550,-
B. Rp. 97.350,-
C. Rp. 93.750,- 
D. Rp. 95.750,-

*Cara mengerjakan:

Biaya mortalitas bulanan = 1/12 x Biaya tahunan perlindungan asuransi x Uang Pertanggungan

Uang pertanggungan dalam soal adalah Nilai unit atau 150 juta, mana yang lebih tinggi
Nilai unit kita hitung dahulu:

Nilai unit = jumlah saldo unit  x harga beli (bid price)

Dalam soal diiketahui harga jual (offer price) = Rp 420 dan bid offer selisih 5% selamanya
Bid price (harga beli) selalu lebih rendah nilainya dari offer price (harga jual) karena selisihnya 5% maka harga belinya adalah Rp 400.

Nilai unit = 2.485 x 400
               = 994.000

Jika dibandingkan 994.000 dengan 150 juta maka lebih besar 150 juta
150 juta ini yang kita ambil sebagai angka Uang Pertanggungan

Biaya mortalitas bulanan = 1/12 x Biaya tahunan perlindungan asuransi x Uang Pertanggungan
    = 1/12 x 7,5/1000 x 150 juta
           = Rp. 93.750,-


59. Selisih antara harga unit pada saat masuk dengan harga saat ini, harga terbaru disebut?
A. Net Aset Value
B. Top Up
C. Net accumulation value
D. Net Profit Accumulation

60. Terjadinya klaim lebih awal dimungkinkan ketika:
A. Pemegang polis meninggal dalam satu tahun dimulainya polis 
B. Pemegang polis meninggal pada akhir masa polis
C. Pemenang polis bertahan hidup sampai akhir masa polis
D. Pemegang polis bertahan hidup setelah satu tahun dari dimulainya polis

61. Perusahaan asuransi jiwa mengenal istilah survival benefit (manfaat kelangsungan hidup) dalam pembayaran klaim.  Sebutkan manakah nama produk asuransi jiwa yang paling sesuai untuk memberlakukan survival benefit:
A. Asuransi hari tua
B. Asuransi berjangka
C. Asuransi seumur hidup
D. Asuransi beasiswa

62. Di bawah ini adalah rangkaian langkah-langkah prosedur penjualan asuransi jiwa.  Pilihlah rangkaian langkah prosedur penjualan asuransi jiwa yang benar:
A. Pendekatan -- Layanan -- Wawancara  Penyelesaian -- Pra-pendekatan  Keberatan
B. Keberatan -- Layanan -- Pra-pendekatan -- Penyelesaian -- Wawancara -- Pendekatan
C. Pra-pendekatan -- Wawancara  Pendekatan -- Keberatan -- Layanan -- Penyelesaian
D. Pra-pendekatan -- Pendekatan -- Wawancara -- Keberatan -- Penyelesaian -- Layanan

63. Menandai beberapa prospek berdasarkan kemampuan keuangan mereka merupakan suatu kegiatan dalam tahap:
A. Pra-pendekatan
B. Pendekatan
C. Wawancara
D. Layanan

64. Agen yang membantu pemegang polis membeli polis baru sedang melakukan pelayanan:
A. Reselling 
B. Pemulihan
C. Pelayanan Klaim
D. Pengembangan prospek baru/referensi

65. Alasan agen untuk selalu memperbarui sertifikat/lisensinya adalah agar:
A. Terpandang di industri
B. Meningkatkan rating perusahaan
C. Mengikuti perkembangan dunia asuransi
D. Mendapat banyak nasabah

66. Diantara pernyataan berikut ini, manakah yang menggambarkan jalur pemasaran dengan benar?
(1) Agen asuransi merupakan bagian jalur pemasaran melalui perantara
(2) Investasi di bank merupakan jalur distribusi untuk anuitas
(3) Metode yang digunakan sebagai pemasaran langsung adalah melalui surat dan jaringan internet.
A. Hanya nomor 1 yang benar
B. Hanya nomor 2 yang benar
C. Nomor 1 dan 3 benar
D. Nomor 2 dan 3 benar

67. Asuransi jiwa merupakan usaha bisnis penghimpunan dana masyarakat dan berbagi risiko.  Berdasarkan pengertian tersebut maka prioritas pelayanan ditujukan kepada:
A. Pemegang saham
B. Agen asuransi/pemasar
C. Nasabah/pemegang polis
D. Seluruh masyarakat asuransi jiwa

68. Yang BUKAN termasuk dalam prinsip kode etik adalah:
A. Menghindari penyalah gunaan jabatan
B. Menghindari surplus yang berlebihan
C. Menghindari adanya konflik kepentingan pribadi
D. Menjalankan bisnis dengan niat baik dan integritas yang tinggi

69. Agen yang telah melanggar standar etik berarti telah melanggar tanggung jawab terhadap:
A. Diri sendiri/profesi
B. Perusahaan
C. Asosiasi
D. Nasabah dan calon nasabah

70. Setelah polis diterbitkan, seorang agen berusaha menemui nasabahnya agar polis segera diserahkan.  Upaya ini merupakan tanggung jawab agen terhadap:
A. Diri sendiri/profesi
B. Perusahaan
C. Pemerintah
D. Nasabah dan calon nasabah

71. Menurut ketentuan mengenai Pajak Pendapatan, pembayaran yang dilakukan oleh penanggung kepada perseorangan yang mengikuti asuransi jiwa:
A. Tidak perlu membayar pajak
B. Dikenakan pajak sesuai ketentuan
C. Dapat memperoleh keringanan pajak
D. Akan dikenakan pajak melalui perusahaan dimana ia bekerja

72. Transparansi informasi materi mengenai produk asuransi jiwa diungkap dalam:
A. Brosur
B. Polis
C. Halaman muka
D. Formulir pendaftaran

73. Faktor-faktor apa sajakah yang dapat memperkuat industri/perusahaan asuransi:
A. Promosi yang besar dan gencar untuk menumbuhkan motivasi bagi agen
B. Pendidikan dan alih teknologi agar agen semakin canggih
C. Penyampaian/presentasi produk yang jelas dan purna jual yang detil kepada nasabah
D. Komisi yang lebih besar kepada agen, kepala unit dan kolektor

74. Sebutkan macam-macam Perusahaan Asuransi berdasarkan jenis risiko yang bisa ditanggungnya:
A. Semakin maju suatu bangsa, maka semakin banyak jenis perusahaan asuransi
B. Semakin banyak terjadi bencana alam pada suatu bangsa, semakin sedikit jenis perusahaan asuransi
C. Asuransi jiwa kehilangan income, asuransi kerugian hilang nilai, asuransi kesehatan
D. Asuransi jiwa  risiko finansial, asuransi kerugian  risiko ganti rugi

75. Menurut Anda, dimanakah seharusnya basis fungsi KYC (Know Your Customer):
A. Pencatatan
B. Kantor pusat
C. Aktuari
D. Pemasukan premi, khususnya agen

76. Tujuan dilakukannya tahap Wawancara dalam prosedur pelayanan asuransi jiwa adalah:
A. Meraih kepercayaan nasabah
B. Menjawab keberatan-keberatan dari nasabah
C. Mendapatkan data dari nasabah
D. Memberikan solusi produk terhadap kebutuhan  nasabah

77. Menghidupkan kembali polis yang sudah beberapa bulan tidak dibayar preminya, merupakan bagian dari kegiatan:
A. Pelayanan klaim
B. Pelayanan reselling
C. Pelayanan pemulihan
D. Pelayanan pengembangan prospek baru/referensi

78. Bagaimana urutan proses yang benar untuk menjadi agen di Indonesia?
A. 1. Registrasi untuk Belajar 2. Belajar 3. Mengikuti Ujian 4. Lulus Ujian 5. Direkrut Perusahaan/Peragenan Asuransi 6. Mendapat Sertifikat dan Kartu Lisensi Penuh 7. Perpanjang Lisensi
B. 1. Direkrut Perusahaan/Peragenan Asuransi 2. Registrasi untuk Belajar 3. Belajar 4. Mengikuti Ujian 5. Lulus Ujian 6. Mendapat Sertifikat dan Kartu Lisensi Penuh 7. Perpanjang Lisensi
C. 1. Belajar 2. Mengikuti Ujian 3. Lulus Ujian 4. Direkrut Perusahaan/Peragenan Asuransi 5. Registrasi untuk Belajar 6. Mendapat Sertifikat dan Kartu Lisensi Penuh 7. Perpanjang Lisensi
D. 1. Direkrut Perusahaan/Peragenan Asuransi 2. Mendapat Sertifikat dan Kartu Lisensi Penuh 3. Registrasi untuk Belajar 4. Belajar 5. Mengikuti Ujian 6. Lulus Ujian 7. Perpanjang Lisensi

79. Apakah tujuan utama pemasaran asuransi jiwa?
A. Fokus pada pemeliharaan konsumen sehingga konsumen dapat menemukan pasar yang stabil
B. Fokus pada perhatian konsumtif dan mendapatkan sejumlah dana maksimum dari produk yang ditawarkan
C. Fokus pada kebutuhan konsumen dan mencapai keuntungan melalui kepuasan konsumen
D. Fokus pada pemerolehan keuntungan sebagai alat utama dalam menilai keberadaan pasar

80. Industri asuransi jiwa secara teliti menyusun kode etik. Disamping menjalankan aturan main, tujuan akhir kode etik tersebut adalah:
A. Meningkatkan jumlah nasabah secara signifikan
B. Meningkatkan ketaatan terhadap ketentuan yang berlaku
C. Meningkatkan kesejahteraan pemegang polis
D. Meningkatkan loyalitas agen/pemasar


~SEMOGA SUKSES~

Artikel Terkait

Optimis bercita-cita sebagai Blogger Profesional dan selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat bagi orang lain sesuai dengan pengalaman pribadi.

17 komentar

Terimakasih, sangat bermanfaat.

Iya sama-sama, semoga lancar ya ujiannya. :)

Terimakasih gan, semoga membantu

bro,, ini soal yang udah pasti keluar untuk aaji bulan juni ini ??

untuk soal aaji itu 80 saja atau bisa lebih atau ada yang lain??

mohon infonya gan.. terima kasih

Tidak begitu mas, soal diatas hanya kisi-kisi saja, bukan bocoran soal. Jadi bisa dikatakan hanya materi yang sering muncul saat ujian. Silakan dipelajari mas, semoga membantu 😀

oh gitu... terima kasih infonya

btw mas,, untuk lulus dari ujian aaji, minimal berapa soal yang harus benar??

total 80 soal kan ?

info ya mas...

Kelulusan harus benar 60% dari 80 jadi minimal 48 soal harus benar. Thx

Kalau tidak lulus gimana mas harus membayar lagi kah

Iya mbak, semoga bermanfaat dan sukses selalu

Pak soal no 27 itu klo di materi yg benar adalah 123

Apa ada file pdf ny..?

Terima kasih mas atas info kisi2nya dan sangat membntu para calon agen 👍

Sebelum Komentar, BACA INI DULU...

- Link aktif akan otomatis dimatikan.
- Klik Notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan dari kami.
- Untuk pertanyaan bersifat pribadi atau diluar topik, silahkan kunjungi halaman Contact Us.

Terimakasih atas kunjungannya 🤗
EmoticonEmoticon