Sunday, January 15, 2017

Siapakah Pemilik Masa Depan?

Firman-inside.id - Firman kali ini akan membahas mengenai siapakah pemilik masa depan? Saya mengusung judul tersebut pada artikel saya karena saya berharap dapat memberi motivasi pada semua generasi muda penerus bangsa. Karena hanya ditangan merekalah bangsa kita mau dibawa kemana. Oke tanpa basa-basi langsung saja kita mulai pembahasannya.

Pengertian Masa Depan

Masa depan adalah masa yang akan datang. Sebenarnya siapa saja berhak memiliki masa depan, asalkan mau dan tahu cara untuk menuju ke sana, siapa saja berhak ke sana, siapa saja berhak meraihnya.

Siapakah pemilik masa depan

Salah satu ciri perkembangan remaja adalah kemampuan untuk berpikir abstrak dan melihat ke depan. Ketidakjelasan masa depan berpotensi menakutkan remaja dan ketakutan ini bisa memengaruhi perilakunya sekarang. Masa depan yang jelas, namun tidak bermakna juga mencemaskan remaja. Tanpa masa depan yang jelas dan bermakna, hidup lebih merupakan sebuah petualangan daripada sebuah perjalanan. Masa depan yang jelas dan bermakna merajut kepingan-kepingan kehidupan menjadi sebuah perjalanan yang terarah. Sebaliknya, masa depan yang tidak jelas dan tidak bermakna membuat kehidupan lebih menyerupai petualangan tanpa sasaran dan hanya bermodalkan keberuntungan nasib. Itu sebabnya, remaja perlu dapat memandang masa depan yang jelas sekaligus bermakna.

Baca juga: Perlunya Integrasi IQ-EQ-SQ dalam Pembelajaran

Peran Keluarga dalam Pertumbuhan Anak

Ibarat tanah, keluarga merupakan tempat bertumbuhnya individu. Upaya memahami dan mengoreksi perilaku remaja lepas dari keluarganya sama dengan mencoba memadamkan kebakaran di hutan dengan sehelai selimut. Remaja adalah produk dan bagian dari sistem keluarganya, perubahan pada sistem keluarga memungkinkan terjadinya perubahan pada diri dan perilaku remaja.

Keluarga mempunyai peranan yang vital dalam penyediaan kebutuhan akan masa depan yang jelas dan bermakna. Keluarga yang tenteram merupakan prasyarat mutlak bertumbuhnya remaja secara maksimal. Sebaliknya, ketegangan dalam keluarga akan menguras energi mental remaja untuk berkembang sesuai usianya.

Secara langsung sekurangnya ada dua kebutuhan yang bertalian erat dengan kebutuhan akan masa depan yang jelas dan bermakna, yaitu kebutuhan akan pengarahan dan kebutuhan akan penghargaan Anak memerlukan pengarahan dan akan melihat kepada orang tua untuk mendapatkan pengarahan. Anak butuh untuk diberitahukan apa yang boleh atau tidak boleh dilakukannya, apa yang seharusnya atau tidak seharusnya diperbuat, apa yang sanggup atau tidak sanggup dilakukannya, dan apa itu yang menjadi kekuatan dan keterbatasannya. Tanpa pengetahuan semua ini anak bertumbuh besar tersesat dan melayang tanpa arah.

Anak juga membutuhkan penghargaan dari dia akan menantikannya dari orang tua. Penghargaan yang diterimanya meyakinkannya bahwa dia bernilai dan dapat berfaedah bagi orang di sekitarnya, Penghargaan membuatnya sadar dan berterima kasih bahwa dia dibutuhkan dalam hidup ini, penghargaan yang diterimanya mendorongnya untuk menghargai diri secara tepat dan positif. Tanpa penghargaan, anak bukan saja tidak tahu fungsinya dalam hidup ini dia pun akan merasa hampa dan tidak bernilai.

Singkat kata, sulit bagi anak untuk mengembangkan masa depan yang jelas dan bermakna tanpa menerima kecukupan pengarahan dan penghargaan. Dengan pengarahan dan penghargaan yang memadai, anak akan bertumbuh menjadi remaja yang memiliki makna hidup yang jelas dan tidak ada, orang yang paling berperan pada tahap ini selain orang tua. Keluarga menempati posisi yang penting dalam perajutan masa depan yang jelas dan bermakna bagi remaja. Sekali lagi, semua usaha untuk membenahi permasalahan remaja lepas dari keluarganya sama dengan memadamkan kebakaran di hutan dengan sehelai selimut.

Sikap Dasar Menuju Masa Depan

Upaya dan usaha perlu dilakukan dan sekarang menentukan cita-cita sesuai dengan sikap dasar untuk mencapai masa depan.
Sikap dasar yang dimaksud sebagai berikut.

  1. Kreatif dalam arti sesuai dengan Warna diri (keunikan diri). Carilah sendiri dan jangan  berprinsip ikut-ikutan.
  2. Berani.
  3. Berbelas kasih (mempunyai rasa kasih sayang terhadap diri sendiri dan orang lain).
  4. Setia pada pilihan (mantap dan yakin pada pilihan yang kita pilih).
  5. Bisa mengatur keserasian, yaitu:
  • take time to think: mengambil waktu untuk berpikir dan menggunakan otak;
  • take time to play: mengambil waktu untuk bermain;
  • take time to read: ambillah waktu untuk membaca, sebab bacaan adalah sumber kebijaksanaan, tentu saja bacaan yang berbobot dan bermutu;
  • take time to pray: ambillah waktu untuk berdoa, sebab doa adalah kekuatan terbesar di atas muka bumi. Siapa yang dekat dengan Tuhan dan gemar berdoa akan menjalani hidup dengan penuh ketenangan dan keyakinan karena dia yakin Tuhan akan selalu membimbingnya;
  • take time to love and be love: ambillah waktu untuk mencintai dan dicintai, sebab itu adalah suatu keistimewaan dari Tuhan untuk saling memerhatikan;
  • take time to laugh: ambillah waktu untuk tertawa dan ceria, sebab itu adalah irama atau musik jiwa. Tertawa yang tidak berbicara dapat menyegarkan pikiran;
  • take time to give: ambillah waktu untuk memberi dan memerhatikan orang lain/sesuatu dengan sikap yang baik. Dengan memberi berarti kita merasa menjadi orang yang berarti;
  • take time to work: ambillah waktu untuk bekerja/melakukan tugas utama, sebab itu adalah untuk kesuksesan dan keberhasilan;
  • take time to do charity: ambillah waktu untuk melakukan karya amal, sebab itu adalah kunci ke surga orang yang paling baik adalah yang paling banyak amalnya.
Baca juga: Perlunya integrasi IQ EQ dan SQ

Oke, itu dia tadi penjelasan singkat mengenai Siapakah Pemilik Masa Depan? Semoga kita para orang tua mampu mengarahkan pada anak kita terhadap masa depan yang cerah.

Artikel Terkait

Optimis bercita-cita sebagai Blogger Profesional dan selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat bagi orang lain sesuai dengan pengalaman pribadi.

Sebelum Komentar, BACA INI DULU...

- Link aktif akan otomatis dimatikan.
- Klik Notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan dari kami.
- Untuk pertanyaan bersifat pribadi atau diluar topik, silahkan kunjungi halaman Contact Us.

Terimakasih atas kunjungannya 🤗
EmoticonEmoticon