Monday, January 16, 2017

Pentingnya Hubungan Bakat dan Intelegensi

Firman-inside.id - Bakat dan intelegensi memang sangat erat hubungannya dan perlu adanya keterampilan untuk melatih keduanya supaya menghasilkan kesuksesan di masa depan.

Berikut pemahaman mengenai pentingnya hubungan bakat dan intelegensi

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar kata bakat dan intelegensi. Kedua kata tersebut memiliki makna yang luar biasa dalam meraih kesuksesan dimasa depan. Untuk itu diperlukan pemahaman khusus mengenai pentingnya hubungan bakat dan intelegensi.

Pengertian Bakat

Bakat seseorang dipengaruhi oleh konstitusi karakternya, bahkan ada kalanya bakat itu dibangun oleh karakternya. Bakat itu sendiri sifatnya herediter, artinya telah dibawa sejak lahir dan merupakan kecakapan yang khusus, yang sedikit sekali dipengaruhi oleh pengalaman.

Bakat dianggap sebagai kualitas yang dimiliki oleh semua orang dalam tingkat yang beraneka ragam. Bakat juga dapat dianggap sebagai bentuk keunggulan-keunggulan khusus dalam bidang tertentu. Bakat adalah ciri khas atau kualitas sebagai salah satu aspek dari keseluruhan kepribadian seseorang. Bakat juga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor dasar yang memengaruhi bakat adalah gen serta faktor yang diperoleh dari lingkungan.

Baca juga: Siapakah Pemilik Masa Depan?

Jenis-jenis Bakat

Thomas Amstrong, pakar pendidikan dari Harvard University dan Howard Gardner menjelaskan, bakat manusia bisa muncul dalam berbagai bentuk sebagai berikut.

  • Acting ability (akting/gerakan).
  • Adventuresomeness (kepetualangan).
  • Athletic prowess (keatletan).
  • Common sense (pengetahuan umum).
  • Creativity (kreativitas).
  • Excellent memory (kehebatan menyimpan data/menghafal).
  • Leadership abilities (kepemimpinan).
  • Literary aptitude (bakat kesastraan).
  • Logical-reasoning ability (kemampuan berlogika).
  • Manual dexterity (ketangkasan manuall keterampilan tangan).
  • Mathematical ability (kemampuan matematis).
  • Musicality (permusikan).
  • Sense of humor (naluri melucu).
  • Verbal ability (kemampuan mengungkapkan secara verbal).

Hubungan Bakat dan Intelegensi

Pentingnya Hubungan Bakat dan Intelegensi
Bakat dan intelegensi sangat berkaitan. Kedua hal tersebut saling melengkapi. Bakat dan intelegensi ini hampir sama pengertiannya. Bakat adalah kemampuan khusus yang dimiliki seseorang dalam bidang tertentu. Intelegensi adalah kemampuan umum yang dimiliki seseorang.

Kemampuan-kemampuan yang spesifik memberikan pada individu suatu kondisi yang memungkinkan tercapainya pengetahuan, kecakapan, atau keterampilan itu setelah melalui suatu latihan. Inilah yang disebut dengan bakat.

Setiap manusia pasti mempunyai bakat yang berbeda-beda, begitu juga intelegensi. Tingkat intelegensi seseorang tidak mungkin sama, bakat yang dimiliki oleh seseorang perlu dikembangkan. Untuk mengembangkan bakat yang dimiliki seseorang, diperlukan suatu kemampuan atau daya pikir yang dapat dijadikan faktor pendukung dalam pengembangan bakat.

intelegensi sangat berperan dalam pengembangan bakat, misalnya seseorang yang mempunyai bakat menggambar, dan dia mempunyai tingkat intelegensi yang tinggi, maka dia akan mempunyai banyak ide/imajinasi yang dapat dituangkan dalam lukisan/gambarnya.

Dalam pengembangan bakat diperlukan intelegensi yang bagus, agar hasil pengembangan bakat dapat membuahkan hasil yang optimal. Sehingga semakin tinggi tingkat intelegensi seseorang., maka bakat yang dimilikinya pun akan berkembang baik.

Baca juga: Penjelasan lengkap mengenai Intelegensi

Sekian untuk penjelasan kali ini tentang pentingnya hubungan bakat dan intelegensi. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Optimis bercita-cita sebagai Blogger Profesional dan selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat bagi orang lain sesuai dengan pengalaman pribadi.

Sebelum Komentar, BACA INI DULU...

- Link aktif akan otomatis dimatikan.
- Klik Notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan dari kami.
- Untuk pertanyaan bersifat pribadi atau diluar topik, silahkan kunjungi halaman Contact Us.

Terimakasih atas kunjungannya 🤗
EmoticonEmoticon