Saturday, January 7, 2017

Penjelasan tentang hardware input dan output komputer

Tags

Firman-inside.id - Komputer merupakan sebuah perangkat yang terdiri atas berbagai macam komponen yang digabung dan saling mendukung agar bisa mengalahkan fungsinya. Komponen komputer yang secara fisik dapat dilihat, dipegang, atau dipindahkan disebut sebagai perangkat keras atau hardware. Hardware komputer dibagi menjadi empat kategori, yaitu perangkat masukan (input device), perangkat proses (processing device), perangkat keluaran (output device), dan perangkat penyimpanan data (storage device). Mengenal perangkat proses (Processing device)

Nah, kali ini saya akan menjelaskan tentang input device dan output device, oke langsung saja.
Penjelasan tentang hardware input dan output komputer

Input Device (Perangkat Masukan)

Input device berfungsi untuk memasukkan perintah dan data, baik berupa teks, gambar, suara, ataupun video.
Berikut adalah contoh dari perangkat masukan (input device).

1. Keyboard

Keyboard adalah alat untuk memasukkan data atau perintah ke perangkat proses. Alat ini terdiri atas tombol-tombol huruf, angka, simbol, serta tombol fungsi.

2. Pointing Device (Mouse)

Dengan konsep GUI (Graphic User Interface), operasi yang dahulu hanya bisa dilakukan dengan menuliskan teks perintah atau bahasa mesin, kini semakin mudah karena perintah-perintah itu telah banyak diwakili dengan grafis atau gambar. Oleh karena itu sangat diperlukan alat penunjuk atau pointing device untuk mengaktifkan perintah serta melakukan pergerakan kredit dilayar monitor. Alat yang sangat terkenal sebagai pointing device adalah mouse. Dengan mouse, penunjuk yang menandakan suatu posisi di layar, dapat digerakkan kemana saja berdasarkan pergerakan mouse.
Beberapa jenis mouse dan inovasi nya, yaitu mouse ball, mouse optik, mouse wireless, trackball, trackpad, touch screen, dan light pen.

3. Scanner

Scanner merupakan alat untuk memasukkan data gambar atau teks ke komputer, yaitu dengan mengubah gambar atau grafis tadi menjadi data digital yang bisa dibaca oleh komputer. Cara kerja scanner hampir serupa dengan mesin fotocopy, yaitu dengan memindai gambar atau teks. Data digital hasil scan selanjutnya bisa diproses, dimodifikasi, dan disimpan dalam bentuk file teks, dokumen, atau gambar. Beberapa jenis scanner, yaitu Flatbed scanner, Pen scanner, dan barcode scanner.

4. Kamera Digital dan Webcam

Dengan kamera digital, objek yang diambil diubah menjadi foto atau video sebagai data digital. Data digital tersebut bisa dimasukkan ke komputer untuk disimpan atau diolah lebih lanjut.
Webcam adalah sejenis kamera digital yang terhubung langsung dengan komputer. Dengan Webcam, proses komunikasi lewat komputer bisa memunculkan gambar wajah orang yang berkomunikasi pada layar monitor, sehingga seakan-akan kita bercakap-cakap langsung dihadapan orang tersebut.

5. Mikrofon

Mikrofon adalah perangkat untuk memasukkan data suara ke dalam komputer. Dengan alat ini, suara diubah menjadi data audio digital yang selanjutnya bisa disimpan atau diubah lebih lanjut melalui komputer.

6. Joystick dan Gamepad

Adalah alat kontrol yang dibuat khusus untuk aplikasi game komputer. Alat ini dibuat sebagai pengganti keyboard dan mouse dalam mengontrol gerak dan perintah dalam game.

7. Floppy Disk Drive dan CD/DVD Drive

Merupakan perangkat masukan yang berfungsi sebagai perantara antara media penyimpanan data dengan perangkat proses.

Baca juga: Mengenal perangkat penyimpanan (storage device)

Output Device (Perangkat Keluaran)

Data dan instruksi yang telah diproses oleh perangkat proses ditampilkan dalam bentuk informasi agar bisa dimanfaatkan oleh pengguna (User). Perangkat untuk menampilkan informasi ini disebut perangkat keluaran (output device). Informasi bisa berupa teks, gambar, suara, ataupun video.
Berikut adalah contoh output device.

1. Monitor

Merupakan perangkat keluaran berbentuk layar yang digunakan untuk menampilkan informasi berupa teks dan gambar yang sifatnya diam maupun bergerak.
Susunan baris dan kolom titik cahaya pada monitor disebut resolusi. Monitor komputer dibedakan menjadi 2 jenis yaitu monitor tabung atau CRT (Chatode Ray Tube) dan LCD (Liquid Crystal Display). Berdasarkan resolusinya, monitor komputer terbagi sebagai berikut.

  • CGA (Colour Graphics Adapter), dengan resolusi 640 × 400 piksel dan hanya dapat menampilkan warna dasar RGB (red, green, blue).
  • EGA (Enhanched Graphics Adapter), dengan resolusi 800 × 600 piksel dan mampu menampilkan hingga 64 warna.
  • VGA (Video Graphics Array), resolusinya setara dengan EGA namun kemampuan menampilkan warna lebih baik, yaitu mencapai 256 warna atau lebih.
  • SVGA (Super Video Graphics Array), resolusinya mencapai 1024 × 768 piksel. Gambar dan tulisan dapat ditampilkan secara halus dan tajam. Jumlah warna yang bisa ditampilkan mencapai 65.536 warna.

2. Printer

Merupakan alat yang berfungsi untuk mencetak teks dan gambar pada suatu media. Tingkat ketajaman cetak sebuah printer ditunjukkan dalam satuan dpi (dot per inch), yaitu banyaknya titik yang bisa dibuat dalam area 1 inci persegi. Adapun satuan kecepatan cetaknya yaitu ppm (page per minute), yaitu jumlah halaman yang bisa dicetak per menit.
Jenis-jenis printer antara lain:

  • Printer Dot Matrix, menggunakan pita karbon seperti pada mesin ketik manual. Cara kerjanya, yaitu dengan memberikan ketukan pada kertas yang dilapisi pita tinta. Resolusinya berkisar antara 150-280 dpi.
  • Printer Ink Jet atau Bubble Jet, menggunakan teknik semburan tinta cair ke permukaan kertas. Kualitasnya lebih halus daripada printer dot matrix, yakni berkisar antara 300-480 dpi.
  • Printer Laser Jet, menggunakan teknologi sama seperti mesin fotocopy, yaitu panas dan tekanan untuk mengikat toner di permukaan kertas. Resolusinya antara 300-1.200 dpi atau lebih, sehingga kualitas cetakan yang dihasilkan lebih tajam.

3. Pengeras Suara atau Loudspeaker

Merupakan perangkat keluaran untuk menerjemahkan sinyal data hasil pemrosesan menjadi suara. Dengan alat ini, kamu bisa mendengarkan musik yang dimainkan dengan komputer. Headset/headphone/earphone adalah jenis pengeras suara yang sering ditemui dan digunakan.

Sekian untuk penjelasan kali ini tentang penjelasan input dan output komputer. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Optimis bercita-cita sebagai Blogger Profesional dan selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat bagi orang lain sesuai dengan pengalaman pribadi.

Sebelum Komentar, BACA INI DULU...

- Link aktif akan otomatis dimatikan.
- Klik Notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan dari kami.
- Untuk pertanyaan bersifat pribadi atau diluar topik, silahkan kunjungi halaman Contact Us.

Terimakasih atas kunjungannya 🤗
EmoticonEmoticon