Wednesday, January 4, 2017

Pengertian Plywood dan Pembagian Grade menurut Kualitasnya

Tags

Firman-inside.id - Berikut ini Firman akan membahas tentang pengertian dari Plywood atau kayu lapis atau multipleks atau tripleks. Dan juga akan saya jelaskan beberapa grade atau kelas yang membagi atau membedakan kualitas dari plywood tersebut. Pengetahuan yang saya berikan ini merupakan pengalaman pribadi yang saya jelaskan melalui sebuah artikel. Pengalaman tersebut saya dapatkan waktu saya bekerja di sebuah pabrik yang bergerak dalam industri plywood, dan Alhamdulillah saya mendapatkan banyak pelajaran pada saat itu dan saya bermaksud untuk membagikan ilmu yang saya miliki tersebut. Berikut penjelasannya.

Pengertian Plywood

Pengertian Plywood dan Pembagian Grade menurut Kualitasnya
Secara bahasa Plywood berarti kayu lapis. Sedangkan menurut istilah yang diambil dari Wikipedia Indonesia, Plywood atau sering disebut Tripleks atau Multipleks adalah sejenis papan pabrikan yang terdiri dari lapisan kayu (Veneer) yang direkatkan bersama-sama dengan menggunakan lem (glue). Plywood sering digunakan sebagai alternatif bahan bangunan yang dinilai ekonomis dan juga tahan terhadap lekukan dan perubahan cuaca. Biasanya daerah dengan iklim tropis menggunakan Plywood sebagai material bangunan, karena lebih tahan terhadap perubahan cuaca dan gempa. Selain ekonomis dan tahan terhadap perubahan cuaca, bahan ini juga mudah untuk diaplikasikan dan tidak membutuhkan keahlian khusus dalam menggunakannya.


Konstruksi/komposisi Plywood

Dalam satu plywood itu terdiri dari beberapa jenis veneer yang disusun zig-zag, kemudian direkatkan. Veneer-veneer tersebut terdiri dari Face veneer, Short Core Veneer, Long Core Veneer, dan Back veneer.

  • Face veneer yaitu Veneer yang berada di bagian atas. Veneer ini memiliki permukaan yang halus dan tidak terdapat cacat sedikitpun, veneer ini dikupas dengan serat kayu memanjang.
  • Short Core Veneer yaitu veneer yang berada di bagian tengah plywood, memiliki permukaan kasar, dan jika terdapat mata kayu busuk, maka akan di patching dengan veneer yang utuh. Veneer ini dikupas dengan serat kayu melebar.
  • Long Core Veneer yaitu veneer yang berada di tengah-tengah plywood, Veneer ini sama dengan Short Core Veneer namun dikupas dengan serat kayu memanjang.
  • Back veneer yaitu Veneer yang berada di bagian belakang plywood, memiliki permukaan halus sana dengan Face veneer namun terdapat patching akibat mata kayu busuk.

Baca juga: Proses produksi plywood

Pembagian Grade/Kelas menurut kualitas

Setelah mengetahui pengertian dari Plywood itu sendiri, sekarang kita akan bahas tentang pembagian Grade Plywood berdasarkan kualitas. Pemilihan bahan baku kayu atau sering disebut log dan jenis lem yang digunakan menjadi salah satu penentu dalam menentukan Grade suatu plywood. Jenis log yang biasa digunakan untuk pembuatan bahan baku plywood yaitu Albasia/Sengon/Falcata, jabon, meranti, dan lain sebagainya. Kayu-kayu tersebut dipilih karena memiliki sifat yang ringan namun kuat.

Plywood terbagi dalam beberapa Grade yaitu LOKAL dan EKSPORT. Grade lokal biasanya dipasarkan di dalam negeri saja seperti, Surabaya, Kalimantan, Sumatera, Jakarta, dan lain-lain. Sedangkan Grade eksport dipasarkan ke mancanegara seperti, Jepang, Taiwan, China, Singapura, dan lain-lain.

1. Grade lokal

Grade ini biasanya memiliki kualitas yang kurang baik. Pada umumnya ukuran Plywoodnya yaitu 122 cm x 244 cm tergantung dari permintaan buyer/konsumen. Proses perekatan pada Plywood jenis ini menggunakan lem atau Glue type T2MR atau dibawahnya yang khusus dibuat untuk Plywood kualitas rendah. Tebal dari Plywood jenis lokal ini relatif tipis yaitu sekitar 2,5 mm - 5,0 mm tergantung dari permintaan buyer.

2. Grade eksport

Plywood dengan Grade eksport memiliki kualitas yang sangat baik, dan juga memiliki pengawasan yang sangat ketat saat proses produksi dan Quality Control juga diperketat. Pemilihan log dengan kualitas yang baik akan menghasilkan produk plywood yang berkualitas, karena jika salah dalam pemilihan log maka plywood yang dihasilkan juga akan menurun kualitasnya, dan otomatis akan turun pula harga jualnya. Plywood ini menggunakan glue type T2*4 atau diatasnya yang memang berkualitas baik. Sebuah pabrik industry plywood tidak bisa sembarangan mengolah produknya menjadi produk ekspor, karena untuk bisa memproduksi bahan ekspor dibutuhkan SERTIFIKAT MUTU AGUNG dari JAS (Japanese Agricultural Standard), dan untuk mendapatkannya, sebuah perusahaan harus lulus dalam pengujian kualitas produk dalam Sertifikasi JAS. Grade eksport sendiri masih terbagi menjadi beberapa Grade yaitu, G1, G2, UTY, UTY BTR, dan BB/CC. Ada juga Grade FLOOR BASE yang biasanya diaplikasikan untuk lantai, grade ini memiliki keistimewaan tersendiri karena tidak boleh ada cacat sedikitpun baik tampilan luar maupun dalamnya, dalam proses pembuatannya pun harus diawasi oleh beberapa ahli yang berpengalaman dibidangnya. Untuk ukurannya tergantung dari permintaan buyer/konsumen, dan biasanya untuk produk ekspor yaitu 91 cm x 182 cm, namun ada juga yang 122 cm x 244 cm dengan tebal 2,5 mm - 15,0 mm.
Sekian untuk penjelasan kali ini, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Optimis bercita-cita sebagai Blogger Profesional dan selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat bagi orang lain sesuai dengan pengalaman pribadi.

21 komentar

Mantap ini pengalamannya om...
Apa sampe sekarang masih aktif bekerja di perusahaan pembuatan plywood ini om?

Udah resign om, 2 bulan yang lalu... Capek om, jam kerjanya 12 jam

Mas Tau Perhitungan Harga Pokok Produksi Plywood

Mas Tau Perhitungan Harga Pokok Produksi Plywood

Kalau urusan harga saya kurang tau mas, saya rasa itu tergantung dari target setiap pabrik tiap bulannya.

Mohon Bantuannya .. informasi penjual Veneer S/C, L/C & Face/Back
Serta contact Personnya. Trimakasih.

Maaf pak, kalau urusan itu saya kurang paham pak.

wah info yang berharga... namun bagi pengguna plywood, masih banyak yang ingin ditanyakan. misalkan :
1. apakah plywood grade export mudah didapatkan di toko2 penjual plywood?
2. plywood bb/cc dan ovl lebih bagus mana? karena plywood grade export yang sering kami dengar hanya 2 itu.

Thx

oh iya pak satu lagi, secara kasat mata, apakah mudah membedakan multiplek bb/cc dan ovl? kalau dengan multipleks local sih memang saya suka lihat mata kayu busuk di bagian short core dan long core... bagaimana kalau bb/cc dan ovl? apakah jumlah lapisan veneernya sama?

thx again...

1. Kalo itu jarang, soalnya kebanyakan yang kualitas export langsung dipasarkan ke mancanegara.
2. Sama2 bagus, tapi dari segi ukuran ke 2nya itu beda. Jadi tergantung kebutuhan saja.
Itu menurut saya pribadi loh ya.

Sulit kalo dibandingkan secara kasat mata, tapi biasanya bbcc lebih mahal dri pada ovl. Dan tebalnya ovl cenderung tipis

bagi yang ingin memesan plywood dengan berbagai ukuran untuk informasi bisa hubungi no 0857 9530 8214. thanks admin

Kasian orang indonesia ini ya..plywood kualitas yg bagus malah dijual keluar negeri, orang indonesia yg produksi malah dpt kualitas yg jelek

Tapi tidak semua produk plywood yg dipasarkan di lokal itu berkualitas jelek, ada juga yang kualitas bagus, tergantung dari permintaan buyer.

mohon saran nya mas....untuk menghilangkan bau pedas pada multiplek tersebut bagaimana caranya yah??...soalnya saya bikin studio musik menggunakan multiplek..setelah terpasang...bau nya sangat menyengat mata dan hidung sampai sampai mengeluarkan air mata...

Kalau itu saya kurang tau mas, mungkin tmen2 yang lain yang baca komentar ini bisa memecahkan masalah ini :)

Like sama jawabannya Firman Hidayat

Like banget sama tulisannya Firman

Makasih sudah berkunjung, mbak putri ya, hehe

Plywood itu menggunakan bahan lem yang biasanya terbuat dari resin urea yang mengandung beberapa unsur kimia (msh dlm ambang batas normal dibawah 5% kandungan kimia), dan tepung.
Reaksi atas resin urea itu saat pengepresan panas (hotpress) melepaskan senyawa2 kimia tsb utk daya rekatnya. Menyebabkan perih di mata dan kadang bisa iritasi pada kulit.

Sebaiknya sebelum di gunakan, di angin2 terlebih dahulu agar tdk terlalu menyengat. Karena produk yg masih baru masih menyengat.

Demikian informasinya, semoga bermanfaat

Terimakasih infonya pak, sangat bermanfaat

Sebelum Komentar, BACA INI DULU...

- Link aktif akan otomatis dimatikan.
- Klik Notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan dari kami.
- Untuk pertanyaan bersifat pribadi atau diluar topik, silahkan kunjungi halaman Contact Us.

Terimakasih atas kunjungannya 🤗
EmoticonEmoticon