Sunday, December 25, 2016

Tutorial Flashing Rom Xiaomi Via Fastboot (MiFlash Tool)

Tags

Firman-inside.id - Hallo semua, Pada kesempatan kali ini saya akan coba berbagi Tutorial untuk Flashing smartphone Xiaomi untuk umum, umum maksudnya tutorial ini berlaku untuk semua smartphone android Xiaomi, baik itu seri redmi maupun mi, yang membedakan hanya ROM yang harus kalian download saja.

Silakan download file romnya hanya di situs resmi xiaomi en.miui.com, karena di situs resmi tersebut kita akan mendapatkan versi terbaru dari Rom yang akan kita gunakan.

Disarankan menggunakan PC dengan OS Win7/Up 64bit, buat yang 32bit tidak terlalu saya anjurkan, tapi sejauh ini saya menggunakan win 7 32bit dan itu saya menggunakan komputer warnet, dan hasilnya sukses.

Flash Rom Xiaomi menggunakan PC (Fastboot Mode)

Tutorial Flashing Rom Xiaomi Via Fastboot (MiFlash Tool)

Caranya bisa dibilang mudah asalkan harus teliti disetiap tahapnya. Tapi jika ada tahap yang terlewatkan atau gagal, silakan diulangi lagi dari awal. Karena jika gagal, ponsel akan mengalami hardbrick.

Bisa dibilang mudah karena tutorial ini tidak memerlukan keahlian khusus. Tapi yang paling penting yaitu kalian harus punya semua bahan yang diperlukan. Seperti perangkat komputer, Snape Xiaomi tentunya, aplikasi miFlash tool, Rom Fastboot, dan sudah unlock bootloader. Baca Cara unlock Bootloader semua xiaomi.


Hal yang perlu diperhatikan supaya terhindar dari error

Pada tutorial kali ini kesalahan yang biasanya sering terjadi yaitu pada saat mendownload file rom. Jika kita salah dalam memilih file rom, maka ponsel kita akan mengalami bootlop, itu terjadi karena ponsel kita tidak kompatibel dengan Rom barunya. Kemudian kesalahan berikutnya yaitu saat kita melakukan flash dengan PC 32bit namun spesifikasi dari PC tersebut kurang maksimal, atau juga karena pengaruh dari virus komputer yang sudah menyebar. Tapi jika PC yang kita gunakan itu sehat alias tidak terinfeksi virus, maka proses flashing akan lancar tanpa kendala sekalipun pada PC 32bit. Peringatan: Semua resiko kegagalan ditanggung sendiri, so lakukan dengan cermat. DWYOR= Do With Your Own Risk. Jika terjadi error, baca Mengatasi error saat flash rom via Fastboot
  1. Download Aplikasi MiFlashTool. Aplikasi Ini akan kita gunakan untuk melakukan Flashing. Copy dan paste link berikut di mesin telusur http://bigota.d.miui.com/tools/MiPhone20151028.exe
  2. Untuk device yang masih dalam keadaan Lock Bootloader, silakan lakukan Unlock Bootloader terlebih dahulu. Baca artikel ini Unlock Bootloader semua xiaomi
  3. Pilih salah satu List ROM MIUI FASTBOOT di tautan berikut en.miui.com sesuai tipe xiaomi kalian kemudian download.
  4. Tolong di cek dan pastikan File tersebut memiliki ekstensi .tgz, jika file berekstensi .gz silahkan diubah menjadi .tgz.
  5. Kemudian ekstrak file Rom yang sudah didownload tersebut pada direktori PC kalian.
  6. Kemudian buka file hasil ekstrak tadi dan copy alamat filenya untuk nanti dipastekan ke miFlash tool nya.
  7. Lalu matikan ponsel kalian.
  8. Masuk ke menu Fasboot dengan cara menekan volume bawah (-) dan Tombol power bersamaan sampai kondisi ponsel masuk ke menu Fastboot.
  9. Hubungkan ponsel ke PC/Laptop melalui Kabel Micro USB. Dianjurkan untuk menggunakan kabel yang masih sehat, artinya tidak ada masalah pada kabelnya.
  10. Kemudian install MiFlash tool yang sudah kalian download pada langkah nomor 1 tadi.
  11. Buka Aplikasi MiFlash.exe tersebut selanjutnya paste alamat file yang tadi sudah di copy seperti gambar (warna biru), kemudian klik refresh agar ponsel kalian terdeteksi (warna kuning), selanjutnya klik Flash (warna merah) untuk mulai melakukan proses Flashing.
  12. Tunggu sampai proses Flashing benar-benar komplit. Aplikasi akan Menampilkan Bar hijau secara penuh.

Jika terjadi error saat proses flashing, baca ini: Mengatasi Error saat Flash Rom Via Fastboot. Sekian tutorial kali ini semoga bermanfaat.
NB: lakukan Backup sebelum mempraktekkan tutorial ini.
Sumber: Official MIUI dan Forum MIUI

Artikel Terkait

Optimis bercita-cita sebagai Blogger Profesional dan selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat bagi orang lain sesuai dengan pengalaman pribadi.

12 komentar

Kalau Rom China stable bisa dapat accses root..karena Rom China developer udah saya download tapi waktu saya update tidak bisa.. yang bisa hanya versi China stable

Mungkin xiaomi ente belum ubl gan, jadi kalo mau flas via fastboot itu perlu ubl terlebih dahulu.

gan, habis flash china dev nya kan succes tu gan, tapi lama di loading logo mi nya, memang gitu yaa??

cara activate device nya untuk redmi 4A yang china dev nya gimana gan ??, heheheh flash nya succes gan, makasih infonyaaa

Iya memang gitu gan, ente tunggu saja. Kalo lebih dari 1 jam, coba tekan tombol power yang lama sampai reboot ulang.

Activate device gimana maksudnya gan?

Iya betul gan, tapi perhatikan syarat2nya dulu ya gan.

file di internal storage bakal kehapus ga gan?

Nggak gan, nanti bisa pilih "save user data" dibagian bawah mi flash tool. Tapi alangkah lebih baiknya kalo dibackup dulu ke peeangkat lain.

kok ngga bisa masuk ke menu fastboot ya gan? stuck di logo terus

Berarti hpnya belum unlock bootloader itu gan, kalo gak mau unlock bisa flash via mode download

Sebelum Komentar, BACA INI DULU...

- Link aktif akan otomatis dimatikan.
- Klik Notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan dari kami.
- Untuk pertanyaan bersifat pribadi atau diluar topik, silahkan kunjungi halaman Contact Us.

Terimakasih atas kunjungannya 🤗
EmoticonEmoticon