Thursday, December 22, 2016

Cara Mudah Flash Rom MIUI 8 Via Mi Recovery

Tags

Firman-inside.id - Hai, kali ini saya akan bahas tentang cara Flash Rom Xiaomi Via Mi Recovery. Sebelum melakukan proses flash ini ada baiknya buat Backup terlebih dahulu semua data buat jaga-jaga takutnya terjadi kesalahan saat proses dilakukan, buat yang udah pengalaman tentu hal ini sudah menjadi rutinitas sebelum melakukan flash rom.

Cara ini bisa dibilang cukup mudah, karena kita tidak perlu menggunakan PC dalam proses flasing rom ini. Namun yang cukup menyita waktu yaitu saat download file romnya di en.miui.com, karena ukuran filenya kira-kira sekitar 1GB.

Langkah-langkah Flash Rom Xiaomi Sebagai Berikut:

Tutorial berikut ini sangat membutuhkan ketelitian dan kesabaran tingkat dewa, maka dari itu ada baiknya jika sambil ditemani secangkir kopi hangat, biar tidak tegang. Dalam beberapa kasus yang pernah saya alami, kesalahan saat melakukan flash rom yang paling sering yaitu saat memilih dan menyimpan file rom yang akan kita gunakan, misalnya saya menggunakan Xiaomi redmi 3, terus saya salah mendownload file romnya Xiaomi mi 3, maka akan terjadi bootlop karena tidak kompatibel dengan xiaomi kita. Kemudian saat mengubah nama filenya, ini juga sangat penting karena jika salah mengubah nama, maka filenya tidak terdeteksi waktu pilihan file rom di recovery. Makanya kalian harus benar-benar teliti dalam memilih dan menyimpan filenya. Baca juga: Cara flash rom xiaomi via PC ( Fastboot Mode)

Hal penting lainnya yang perlu diketahui

Menurut pengalaman saya, saat paling menegangkan itu saat proses reboot. Karena pada proses itu xiaomi kita bisa restart sampai beberapa kali dan cuma mentok di logo mi, tapi kalian tidak perlu khawatir jika terjadi hal demikian, kalian tinggal duduk manis saja nungguin prosesnya sampai selesai. Dan jika sampai lebih dari 1 jam mentok di logo mi, silakan lakukan reboot ulang dengan menekan tombol power dan tahan hingga ponsel melakukan reboot.
Baca juga: Mengatasi eror saat flash via PC

Perlu diingat ya, DWYOR!!! (Do With Your Own Risk) makanya harus benar-benar teliti dalam melakukannya. Jika terjadi masalah, silakan hubungi saya lewat menu kontak yang tersedia di blog ini. Insyaallah akan saya bantu.

Ok langsung saja kita mulai tutorialnya
  1. Pertama kita harus terlebih dahulu Download file Rom sesuai Device kita di en.miui.com jangan sampai salah download ya, filenya itu kira-kira 1 GB.
  2. Kemudian setelah selesai didownload, silahkan ganti nama filenya menjadi update.zip (Huruf kecil semua) dan letakkan di file manager internal, dan jangan letakkan di dalam folder.
  3. Kemudian buka aplikasi Updater, ini biasanya terdapat pada Tools, Aplikasi ini juga bisa digunakan kalau kita mau melakukan update rom langsung via OTA.
  4. Selanjutnya Sobat pilih menu opsi (...) yang ada di pojok atas.
  5. Kemudian pilih Reboot to recovery mode. Xiaomi akan memasuki mode recovery.
  6. Tunggu ponsel hingga masuk ke Recovery mode.
  7. Sekarang ikuti langkah-langkah berikut: kalian bisa menggunakan navigasi tombol vol up, vol down untuk menggeser pilihan ke atas dan ke bawah, dan tombol power untuk enter. Pilih install update.zip to system >> kemudian pilih Yes >> kemudian tunggu hingga proses flashing selesai >> Complete >> Back >> Reboot to system. Lihat gambar di bawah ini.
Cara Mudah Flash Rom MIUI 8 Via Mi Recovery

Selesai.
Sekian tutorial kali ini semoga kalian tidak kebingungan untuk mencobanya. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Artikel Terkait

Optimis bercita-cita sebagai Blogger Profesional dan selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat bagi orang lain sesuai dengan pengalaman pribadi.

4 komentar

kenapa MI RECOVERY bawaan xiaomi redmi note 4x saya tidak ada mode update.zip
Rom mido saya miui 9 7.8.24 global developer mohan bantuannya

Bang pas saya mulai pencet recovery mode trus reboot now, lalu dialihkan ke mesti pakai laptop pakai mi PC suite itu gimana bang

Tapi proses flashingnya sudah berhasil apa belum?

Sebelum Komentar, BACA INI DULU...

- Link aktif akan otomatis dimatikan.
- Klik Notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan dari kami.
- Untuk pertanyaan bersifat pribadi atau diluar topik, silahkan kunjungi halaman Contact Us.

Terimakasih atas kunjungannya 🤗
EmoticonEmoticon